DANA meluncurkan layanan yang disebut “Posko Bantuan Keliling” di Jakarta hari Kamis lalu. Hadir dalam bentuk layanan mobil keliling, DANA menjelaskan Posko Bantuan Keliling bertujuan untuk memberikan edukasi dan bantuan ke masyarakat, seperti para pengguna DANA, perihal keamanan transaksi digital/daring di tengah maraknya kasus penipuan daring. DANA mengharapkan Posko Bantuan Keliling bisa menjangkau banyak pengguna serta bisa memperkuat literasi digital dan mendorong inklusi keuangan di tanah air.
DANA menambahkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan, hingga 23 Mei 2025, mencatat lebih dari 128 ribu laporan penipuan daring dengan kerugian mencapai Rp2,6 triliun. Posko Bantuan Keliling merupakan respons DANA terhadap hal ini dan sejalan dengan semangat “DANA Datang, Bukan Cuma Bawa Bantuan. Tapi Juga Bawa Rasa Aman” yang diklaim diusungnya.
Berawal di Jakarta, Posko Bantuan Keliling akan menyambangi 15 kota lain di Indonesia secara bertahap. Kota-kota lain yang akan didatangi Posko Bantuan Keliling mulai dari Bodetabek sampai kota-kota di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan. Pada masing-masing kota yang disambanginya, Posko Bantuan Keliling akan beroperasi setiap hari Kamis dan Jumat dari jam 09:00 sampai 15:00 waktu setempat, tentunya selama periode layanan mobil keliling DANA ini hadir di kota bersangkutan.
Terbuka untuk umum dan gratis, Posko Bantuan Keliling yang berlangsung dari Juni sampai Desember 2025 ini menargetkan menjangkau 50.000 pengguna secara luring serta 1 juta pengguna secara daring. Terdapat live stream setiap hari Kamis pada jam 17:00 sampai 18:00 WIB selama program berlangsung melalui Instagram, TikTok, dan aplikasi DANA. Para pengunjung live stream juga bisa menyampaikan permasalahannya pada tempat yang disediakan. Namun, para live stream ini lebih untuk edukasi.
“Saat ini kami memiliki data terbaru dari Indonesia Anti-Scam Centre bahwa di tahun 2025 ini sudah had, hampir 120 ribu keluhan atau kasus dilaporkan ke IASC berkaitan dengan isu-isu scam atau phishing dan lain-lain, dan kami ingin memberikan respon, solusi yang responsif dan solutif buat para pengguna-pengguna kami, makanya kami hadir dengan ‘Posko Bantuan Keliling’,” ujar Olavina Harahap (Director of Communications DANA Indonesia) sembari menyorot pentingnya kolaborasi pemerintah, industri, dan masyarakat dalam hal ini.
“Kegiatan pada pagi hari ini yang diinisiasi oleh DANA itu cukup, apa ya, kalau boleh dibilang inovatif ya. Artinya ini merupakan pionir yang mungkin nanti menjadi inspirasi bagi, apa, lembaga lain keuangan dalam rangka untuk meningkatkan literasi dari masyarakat. Karena literasi itu sangat penting.” kata Arif Waluyo Birowo (Kepala Divisi Pengawasan Sistem Pembayaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta).
“Karena memang literasi ini dibutuhkan oleh masyarakat karena semakin hari kita merasakan bahwa memang modus kejahatan ataupun, apa hal-hal yang, yang bersifat keuangan itu semakin berkembang dan semakin bervaritif,” lanjutnya. “Perlu secara bersamaan kita tingkatkan masalah [usaha] untuk pemberian literasi keuangan kepada masyarakat, seperti itu. Nah, mungkin dalam hal ini, kami sebagai, apa, otoritas di sisi pembayaran, Bank Indonesia tentu saja sangat memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya terhadap program ini.”
DANA menegaskan Posko Bantuan Keliling hadir untuk menjangkau seluruh pengguna, termasuk kelompok rentan, seperti pelaku usaha kecil dan menengah serta lansia. Kehadiran layanan mobil keliling ini menjadi bentuk pendampingan nyata DANA agar masyarakat bisa berkonsultasi langsung, melaporkan kendala, mendapatkan panduan menghindari penipuan, memperbarui aplikasi, hingga terhubung ke tim bantuan daring untuk solusi cepat. Melaluinya, DANA menyebutkan mendorong pula penggunaan fitur Scam Checker.
Di Jakarta, kota perdana Posko Bantuan Keliling, empat mobil keliling dari DANA telah dan akan hadir di empat titik lokasi—satu mobil di satu titik lokasi. Keempat titik lokasi itu adalah Taman Banjir Kanal Timur untuk Jakarta Timur, Taman Waduk Pluit untuk Jakarta Utara, Taman Catleya untuk Jakarta Barat, dan Taman Puring untuk Jakarta Selatan. Selama 4 minggu Posko Bantuan Keliling hadir di Jakarta, masing-masing mobil keliling tersebut hadir di titik-titik lokasi bersangkutan.
Penulis | : | Cakrawala Gintings |
Editor | : | Dayu Akbar |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR