Dalam era digital saat ini, transformasi teknologi menjadi hal yang tak terhindarkan, terutama di sektor telekomunikasi.
Gaurav Dhall (Wakil Presiden Global untuk Kemitraan di Couchbase) mengatakan berbagi wawasan mendalam tentang bagaimana perusahaan telekomunikasi dapat memanfaatkan teknologi terkini, seperti kecerdasan buatan (AI) dan analisis data, untuk menghadapi tantangan dan memperkuat posisi mereka di pasar global.
Salah satu tantangan utama yang dihadapi sektor telekomunikasi di Indonesia adalah rendahnya Average Revenue Per User (ARPU) yang saat ini berada di bawah USD5.
"Bayangkan, dengan ARPU kurang dari $5, operator telekomunikasi harus menyediakan infrastruktur, berkualitas layanan yang baik, serta terus berinovasi untuk bertahan," katanya.
Untuk menghadapi tantangan tersebut, perusahaan telekomunikasi di Indonesia harus memahami dan memanfaatkan teknologi secara efektif.
Gaurav mencermati Indonesia adalah salah satu pasar yang paling menantang secara teknis bagi operator telekomunikasi di seluruh dunia. Kondisi geografis yang kompleks, dengan lebih dari 20,000 pulau, membuat penyediaan layanan menjadi sangat sulit.
"Masalah ini menuntut inovasi dan keahlian teknologi yang tinggi untuk mengoptimalkan efisiensi dan kualitas layanan," katanya.
Dalam hal ini, Couchbase menyediakan platform yang sangat baik bagi perusahaan telekomunikasi untuk mengelola data secara real-time.
Dhall mengatakan AI dapat membantu dalam manajemen jaringan secara real-time, mengidentifikasi kemacetan, dan menyesuaikan traffic, sehingga meningkatkan efisiensi system.
"Dengan teknologi ini, operator dapat menjalankan prediksi pemeliharaan, yang memungkinkan mereka untuk memitigasi masalah sebelum terjadi, menghasilkan peningkatan kualitas layanan yang signifikan," ujarnya.
"Ada peluang besar untuk memonetisasi data yang dihasilkan oleh pengguna. Perusahaan harus melihat ini tidak hanya sebagai kumpulan individu, tetapi sebagai profil bisnis yang dapat dimiliki dan dijual kepada perusahaan lain," tambahnya.
Pendekatan berbasis data ini membuka jalan bagi pengembangan layanan yang lebih dipersonalisasi dan dapat meningkatkan customer engagement.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |