Find Us On Social Media :

Ketika Teknologi Augmented Reality Merubah Cara Kerja Manusia

By Rafki Fachrizal, Selasa, 27 November 2018 | 15:30 WIB

kredit: microsoft.com

Saat mendengar teknologi Augmented Reality (AR), kebanyakan orang akan berpikir bahwa teknologi ini identik digunakan pada industri gim dan perangkat yang berkaitan dengan konsumen saja.  Di sisi lain, nyatanya teknologi ini juga mampu merubah cara kerja organisasi atau perusahaan agar menjadi lebih praktis dan efisien. Melihat itu, berikut lima hal yang dapat dilakukan teknologi AR dalam merubah cara kerja kita dalam melakukan pekerjaan seperti berikut ini.

Rapat Kerja Interaktif

Rapat kerja merupakan saat dimana sebuah tim menyampaikan ide-ide brilian untuk memberikan inovasi sebuah perusahaan. Berbeda dengan rapat pada umumnya, sebuah rapat kerja yang dilengkapi dengan teknologi AR akan memungkinkan tim untuk bekerjasama di dalam ruang virtual yang menjadikan sebuah rapat menjadi lebih interaktif dan mudah untuk berkaloborasi. Tidak hanya itu, mirip dengan video collaboration, teknologi AR juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan rapat yang melibatkan peserta tim yang berada di lokasi yang berbeda.

Pelatihan Karyawan

kredit: medium.com

Beberapa organisasi dari industri teknologi di dunia telah menyelidiki bahwa AR sangat memungkinkan digunakan sebuah perusahaan untuk mendukung kegiatan pelatihan karyawan mereka. Salah satu kelebihan utamanya yaitu teknologi AR ini dapat menghubungkan peserta pelatihan dengan instruktur secara real time meskipun berada di lokasi yang berbeda. Jika instruktur juga menggunakan perangkat AR yang sama, maka dipastikan dapat melihat dengan jelas apa yang sedang dikerjakan peserta pelatihan. Tentunya ini akan berpotensi untuk membuat setiap pelatihan menjadi lebih interaktif dan menarik.

Memperbaiki Perangkat

kredit: heise.de

Selain mampu membantu dua pekerjaan seperti sebelumnya, teknologi AR juga dapat membantu dalam pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan perangkat-perangkat berbasis teknologi. Sebagai contoh, dengan bantuan teknologi AR ini seorang administrator sistem dapat menyisipkan instruksi tepat di atas server yang akan dipasang. Dengan demikian, ini akan lebih memudahkan teknisi untuk melakukan pekerjaan sehingga menjadi lebih cepat dan lebih sedikit rentan akan kesalahan.

Pemasaran Produk

kredit: fonkonline.nl

Bagi tim di bidang pemasaran sebuah perusahaan, teknologi AR nyatanya juga dapat digunakan untuk menarik minat calon pembeli untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Toko perabot rumah tangga seperti IKEA misalnya, IKEA memiliki aplikasi yang dibangun berdasarkan platform ARKit Apple. Melalui aplikasi ini, maka memungkinkan setiap calon pembeli untuk melihat bagaimana perabotan yang akan dibeli dari IKEA akan terlihat di rumah mereka.