Find Us On Social Media :

Terindikasi Malware, Google Hapus 13 Aplikasi Berbahaya di PlayStore

By Adam Rizal, Kamis, 29 November 2018 | 14:00 WIB

Aplikasi Google Play Store yang Terinfeksi Malware

Peneliti Keamanan ESET Lukas Stefanko memposting ada 13 aplikasi menyimpan malware berbahaya di perangkat Android.

Malware itu dapat merusak ponsel pengguna dengan cara menyedot data dan memori ponsel Anda.

Ironisnya, 13 aplikasi yang menyimpan malware itu telah terinstal lebih dari 560 ribu kali. "Jangan menginstal aplikasi ini dari Google Play karena mengandung malware," katanya.

"Setelah dibuka aplikasi ini langsung hilang dan membuat pengguna mengunduh serta menginstal APK, 2 aplikasi masuk dalam trending," ujarnya.

Stefanko juga mempublikasikan sebuah video aplikasi yang terindikasi malware dan terpasang di perangkat Android. Saat Stefanko mencoba membukanya, aplikasi itu menampilkan logo grafis game tetapi setelah itu menampilkan layar kosong.

Setelah keluar dari aplikasi, ikon tersebut tidak lagi muncul. Tahun lalu, PlayStore sendiri telah menghapus 700 ribu aplikasi berbahaya dari platform-nya.

Penjahat siber makin banyak dan memanfaatkan peluang untuk melancarkan aksinya melalui aplikasi.

Aplikasi itu termasuk grafis yang mengindikasikan simulasi untuk mengendarai mobil mewah dan truk pemadam kebakaran. Semua aplikasi dibuat oleh pengembang yang sama, Luiz O. Pinto.

Jika Anda mengunduh salah satu aplikasi yang mengandung malware, Anda me-reboot ponsel Anda dalam mode aman atau dalam pesawat sebelum mengunjungi menu pengaturan aplikasi untuk menghapus aplikasi.

Setelah itu, pengguna harus menginstal perlindungan malware dan memeriksa apakah ada aplikasi lain yang tidak diketahui menggunakan malware.

Detail peringatan Stefanko meliputi seperti dikutip lifehacker :

- 13 aplikasi