Find Us On Social Media :

Internetan Pakai WiFi atau Mobile Data, Mana yang Paling Ngebut?

By Adam Rizal, Minggu, 2 Desember 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi WiFi vs Mobile Data

Biasanya pengguna menggunakan jaringan Internet mobile data dan WiFi untuk internetan. Tentunya, kecepatan jaringan WiFi dan mobile data sangat berbeda dan tergantung pilihan Anda.

Umumnya, penggunaan jaringan WiFi menawarkan kecepatan akses data yang lebih stabil dan cepat daripada menggunakan mobile data milik operator telekomunikasi. Tentunya, anggapan jaringan WiFi yang selalu cepat tidaklah benar.

Open Signal mengungkapkan peta jaringan kecepatan WiFi dan Internet mobile di 80 negara.

Hasilnya, 33 negara lebih memilih Internetan seperti Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Perancis dengan mobile data yang lebih cepat ketimbang WiFi.

Open Signal mengatakan rata-rata ada perbedaan kecepatan sebesar 10-13 MBps antara mobile data dan WiFi.

Perbedaan kecepatan itu disebabkan oleh pengembangan menara BTS yang lebih baik untuk wireless broadband dan sulitnya pemanfaatan broadband internet kabel dan ASDL.

Di negara yang masih memanfaatkan jaringan 'kabel'optik seperti AS, Singapura, Hong Kong, bahkan Indonesia, tentu jaringan WiFi masih lebih cepat seperti dikutip The Verge.

Tahun mendatang, jaringan mobile data akan makin cepat menyusul masuknya dunia ke jaringan 5G.

Tips Tingkatkan Jaringan WiFi

Sama seperti jaringan seluler operator, konektivitas WiFi juga kerap mengalami gangguan. Salah satunya konektivitas yang lambat, sehingga mengganggu kegiatan berselancar di internet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada empat cara sederhana meningkatkan sinyal WiFi tanpa harus mengunduh aplikasi khusus pada smartphone. Berikut ulasannya:

1. Meletakkan WiFi router di ruang terbuka