Find Us On Social Media :

Inilah Deretan Pengumuman Menarik dari Acara Google for Indonesia 2018

By Rafki Fachrizal, Selasa, 4 Desember 2018 | 19:00 WIB

Ken Tokusei selaku Product Management Director Google Search

Google kembali mengadakan acara bertajuk “Google for Indonesia” di akhir tahun 2018 ini. Digelar pada 4 Desember 2018 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, perusahaan raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut mengumumkan berbagai inovasi produk dan platform mereka untuk di Tanah Air.

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini adalah deretan informasi menarik yang diumumkan Google dalam acara Google for Indonesia 2018:

1. Penggunaan AI untuk sediakan konten bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia

Ken Tokusei selaku Product Management Director Google Search, yang berbicara pada acara “Google for Indonesia” mengungkapkan mengenai fitur baru Search yang ada di Google yang mampu menawarkan akses informasi yang lebih mudah bagi warga Indonesia.

“Lebih dari separuh konten online tersedia dalam bahasa Inggris, namun hanya 1% konten web tersedia dalam bahasa Indonesia. Untuk menutup kekurangan ini, kami berkolaborasi dengan Wikipedia untuk membuat konten berbahasa Inggris dapat diakses dan berguna bagi orang Indonesia,” kata Tokusei.

“Sekarang, sistem kami akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris, menerjemahkannya ke bahasa Indonesia menggunakan sistem neural machine translation yang diberdayakan AI, dan kemudian memunculkan artikel tersebut di Google Search,” tambah Tokusei.

2. Tampilkan lowongan pekerjaan di Google Search

Selanjutnya, untuk membantu menghubungkan pencari kerja dan perusahaan di pasar lowongan kerja di Indonesia yang kompetitif, Tokusei juga mengumumkan layanan terbaru Google yaitu Jobs on Google Search.

Mulai hari ini, kata kunci “lowongan pekerjaan” akan menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh web, dengan fitur untuk menggolongkannya ke dalam berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, atau kota.

Para pencari kerja juga bisa mendapatkan notifikasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan. Tokusei juga mengatakan, “Kami sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan, dan kami sangat optimistis akan dampaknya bagi Indonesia.”

Untuk menampilkan informasi seputar lowongan pekerjaan tersebut, Google menggandeng berbagai platform pencari pekerjaan seperti Loker.id, Karir.com, Job-Like.com, Neuvoo, dan berbagai lainnya.

3. Inovasi teknologi AI di aplikasi Google Go