Find Us On Social Media :

Jelang Pemilu 2019, Inilah 8 Tips Ketahui Berita Hoax ala BSSN

By Adam Rizal, Rabu, 5 Desember 2018 | 17:00 WIB

Ilutrasi Hoax

Penyebaran konten hoax atau palsu di dunia media sosial sudah tidak bisa dibendung lagi.

Apalagi, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pada tahun depan, tentunya perederan konten-konten hoax akan makin masif.

Bahkan, banyak dari masyarakat yang termakan informasi palsu tersebut dan sangat meresahkan.

Karena itu, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi memberikan delapan tips ampuh untuk mengidentifikasi konten-konten yanng hoax di dunia maya.

Berikut tipsnya

1. Cek Tampilan Berita

Anda harus mengecek tampilan berita untuk mengetahui keanehan atau kejanggalan yang terdapat dalam berita. Berita hoax biasanya menggunakan bahasa yang provokatif memanfaatkan isu-isu yang sedang tren, isu sara, tokoh-tokoh terkenal, instansi pemerintah maupun swasta.

2. Cek Judul dan Isi Berita

Anda harus mengecek kesesuaian judul dan isi yang ada di dalam berita karena pembuat berita hoax terkadang menampilkan judul berita yang provokatif dan fenomenal, tetapi ketika keseluruhan isi berita dibaca tidak mencerminkan judul yang ditampilkan.

3. Cek Sumber Berita

Jika sumber berita berasal dari media online yang telah terverifikasi oleh dewan pers, kemungkinan besar informasi yang disampaikan oleh media online tersebut merupakan informasi yang benar. Sebaliknya, jika sumber berita berasal dari media online yang belum terverifikasi dewan pers, ada kemungkinan berita yang ditampilkan berisi informasi hoax.

4. Data Pendukung