Find Us On Social Media :

Tips Bikin Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dijebol Hacker

By Rizal, Senin, 17 Desember 2018 | 14:45 WIB

Ilustrasi Password

Tidak jarang pengguna membuat password yang sederhana dan mudah ketebak sehingga sangat mudah dibobol oleh hacker.

Padahal, data-data di dalam perangkat pengguna jauh lebih penting.

Baru-baru ini, SplashData merilis 25 daftar password paling buruk di tahun 2018. Penilaian password terburuk itu berdasarkan kombinasi alfabetis yang mudah ditebak atau dibobol dan pemlihan angka yang terlalu mudah (seperti kombinasi “123456” dan “password”), sehingga bisa diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Tentu, hal ini sesuatu yang mengkhawatirkan, mengingat banyaknya kasus peretasan massal yang sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut, beberapa tips untuk membuat password yang kuat dan tidak mudah dijebol seperti dilansir Lifehacker :

1. Password panjang

Password yang panjang dan terdiri dari beberapa huruf kapital, karakter, atau angka.

2. Jangan gunakan kalimat yang umum

Jangan juga gunakan password yang memiliki ikatan personal misalnya ulang tahun anak atau pasangan dan kata yang umum digunakan. Carilah kata password yang unik dan jarang terdengar orang.

3. Gunakan password manager

Anda bisa menggunakan tool password manager untuk menguji password kalian. Selain itu, ada beberapa situs seperti How Strong is Your Password yang bisa menguji seberapa aman password kalian. Situs seperti ini aman dan dibuat oleh developer terpercaya.

Password manager juga dapat menyimpan password supaya kalian tidak repot-repot menghapal semuanya dan bisa membuat password yang random untuk kalian gunakan. Banyak sekali layanan password manager berbasis cloud, seperti 1Password dan LastPass.