Find Us On Social Media :

Pasca Tsunami Anyer, Pemerintah Pastikan Infrastruktur Telekomunikasi Aman

By Adam Rizal, Senin, 24 Desember 2018 | 11:00 WIB

Inilah Penyebab Tsunami Anyer

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan tidak ada kerusakan infrastruktur telekomunikasi seluler maupun jaringan telekomunikasi tetap di daerah pesisir Banten, pasca diterjang tsunami.

Menurut keterangan Kominfo, layanan telekomunikasi seluler telah berjalan normal sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB.

Namun, berdasarkan pantauan pihak lapangan, ada beberapa BTS yang tidak bisa berfungsi normal, karena listrik padam di sejumlah kawasan Banten dan Lampung Selatan.

Sayangnya, tidak diketahui dengan pasti BTS milik operator apa saja yang disebut tak berfungsi beserta dengan daerahnya.

Kendati demikian, saat ini pihaknya menyebut operator telekomunikasi tengah melakukan pemulihan di sejumlah daerah untuk memasok catu daya listrik dengan tenaga cadangan (backup power) portabel.

Selain itu, tim lapangan Kominfo juga dikatakan tengah sigap sedia berjaga dan menuju lokasi BTS untuk menyiapkan genset atau melakukan penggantian baterei sebagai catu daya BTS di kawasan yang mengalami pemadaman listrik.

Untuk jaringan Telkom sendiri, kondisi jaringan yang ada di beberapa Sentral Telepon Otomat (STO) di lokasi terdampak, seperti di STO Kalianda, STO Ciwandan, STO Pasauran dan STO Labuhan semua tampak dalam kondisi aman dan bisa beroperasi.

Terlepas dari jaringan, bersama dengan keterangan tertulis, pihak Menkominfo juga turut menyatakan bela sungkawanya terkait bencana tsunami yang melanda daerah Banten dan Lampung Selatan.

"Melalui kesempatan ini, Kementerian Kominfo menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda," ujar pihaknya.

Pihaknya pun mengingatkan para warganet bisa menyaring kabar terkait bencana yang belum tentu benar adanya (hoax) agar tak memperkeruh suasana dengan membuat yang lainnya panik.

"Kami juga menghimbau agar pengguna internet dan media sosial tidak menyebarkan hoaks atau informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya berkaitan dengan bencana ini," tutup pihaknya.

Tsunami Banten dan Anyer Seperti diketahui, gelombang tinggi yang menerjang pesisir Serang, menyebabkan sejumlah kerusakan.