Find Us On Social Media :

iPhone XR Sukses Rayu Pengguna Android untuk Pindah ke iPhone

By Adam Rizal, Jumat, 28 Desember 2018 | 16:00 WIB

iPhone XR

Penjualan ponsel iPhone XR cukup memuaskan di pasar dan memberikan kontribusi 32 persen dari total penjualan iPhone pada bulan pertama di pasar. Hal itu berdasarkan laporan terbaru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

iPhone XS sendiri memberikan kontribusi 35 persen dari total penjualan iPhone.

"Menurut penjualan awal, iPhone XR memberikan kontribusi yang sama dengan model sebelumnya pada bulan pertama di pasar," kata salah satu pendiri CIRP, Josh Lowitz seperti dikutip BGR.

Meskipun total penjualan iPhone XR masih belum diketahui, hasil laporan CIRP menunjukkan bahwa iPhone XR sukses untuk menggaet pengguna Android agar tertarik menggunakan iPhone.

Pada November, 16 persen pengguna iPhone adalah mantan pengguna Android. Sebagai perbandingan, pada November 2017, jumlah pengguna Android yang pindah dan menggunakan iPhone hanya mencapai 11 persen.

"Tampaknya, iPhone XR memang menarik para pengguna Android untuk pindah," kata pendiri CIRP lainnya Mike Levin.

"Tentu saja, Apple tidak menjelaskan strategi mereka ketika mereka meluncurkan iPhone baru tahun ini. Namun, melihat harga dan fiturnya, kita bisa tahu bahwa Apple menempatkan iPhone XR sebagai ponsel untuk mendorong pengguna Android pindah ke iPhone," pungkasnya.

Potong Harga

Kurang dari sebulan sejak iPhone XR dirilis di Jepang, muncul kabar bahwa model termurah dari trio iPhone 2018 itu bakal segera mendapat diskon di Negeri Sakura.

Menurut informasi yang beredar, potongan harga ini bakal diberikan lewat subsidi operator seluler rekanan Apple dan akan mulai berlaku pekan depan. Besarnya korting yang disiapkan masih belum jelas.

Kalau memang benar, mengapa Apple berencana menurunkan harga iPhone XR begitu cepat di Jepang? Alasnnya disinyalir berkenaan dengan penjualan iPhone XR yang tak sesuai harapan.

Keterangan sumber industri kepada The Wall Street Journal, Apple mengharapkan potongan harga bisa mendongkrak minat konsumen Jepang terhadap iPhone XR.

Rumor tentang rencana diskon iPhone XR di Jepang ini berembus dalam waktu berdekatan dengan kabar lain yang menyebutkan bahwa Apple memangkas produksi iPhone XR.

Kemudian, awal bulan ini, analis Ming-Chi Kuo yang dikenal sebagai pembocor ulung turut memotong estimasi pengapalan iPhone XR yang dipublikasikan olehnya sebanyak 30 juta unit.

Beberapa informasi di atas seakan mengindikasikan bahwa kiprah iPhone XR di pasaran tak sesuai dengan ekspektasi.

Apple sendiri dikenal jarang memberikan potongan harga, meski bukan tidak mungkin pula mengingat kalender semakin mendekati musim liburan akhir tahun.

Para pabrikan gadget biasanya memang berlomba menggelar diskon pada musim liburan untuk memancing minat konsumen.

Selain Apple, vendor lain seperti Samsung dan Google juga kerap memberikan potongan harga.

Penjualan Apple pada musim liburan akhir tahun biasanya didominasi oleh iPhone. Pada kuartal-IV di penghujung 2017, misalnya, perusahaan itu berhasil menjual 77,3 juta unit iPhone.