Find Us On Social Media :

Dipicu Streaming Video, Trafik Telkomsel Meningkat Saat Tahun Baru

By Rafki Fachrizal, Kamis, 3 Januari 2019 | 20:00 WIB

Ilustrasi Telkomsel

Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang sangat dinanti bagi sebagian besar orang dalam melakukan berbagai aktivitas terutama dalam hal telekomunikasi dengan menggunakan smartphone.

Karena hal tersebut, perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel pun terkena imbas positif dengan meningkatnya jumlah trafik pengguna pada saat kedua momen tersebut tengah berlangsung.

Menurut informasi dari pihak Telkomsel, pada momen pergantian tahun 2019 tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 17,2 petabyte atau meningkat 21,3% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018.

Sementara itu, dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, trafik layanan data kali ini juga melonjak naik menjadi 61,7%.

Untuk wilayahnya sendiri, wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan peningkatan 27,6% dibandingkan hari normal. Selanjutnya, diikuti oleh wilayah Jawa Barat (26,8%) dan Sumatera Utara (24,0%).

Baca Juga : Selama 2018, Kominfo Temukan 62 Konten Hoaks Terkait Pileg dan Pilpres

Denny Abidin selaku GM External Corporate Communications Telkomsel mengatakan bahwa tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru.

“Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” Kata Denny.