Find Us On Social Media :

Aplikasi Pilihan untuk Android: Xender dan Zoom Cloud Meetings

By Cakrawala, Selasa, 8 Januari 2019 | 18:15 WIB

Xender

Salah satu hal yang yang sering membuat jengkel pengguna Android adalah saat harus berbagi file dengan pengguna Android lainnya. Maklum, biasanya hal tersebut membutuhkan adanya koneksi internet atau minimal terhubung ke dalam sebuah jaringan Wi-Fi. Xender adalah aplikasi yang menghapus stigma tersebut.

Dengan Xender, pengguna Android dapat saling berkirim file tanpa khawatir kuota paket data mereka terpotong. Dalam proses pengiriman file, Xender memanfaatkan fitur hotspot yang dimiliki oleh semua smartphone Android modern. Penerima file sudah tentu harus menggunakan aplikasi Xender juga.

Xender praktis dapat mengirim jenis file apapun, termasuk lagu, dokumen, video, bahkan juga aplikasi. Xender juga tidak membatasi besarnya file yang akan dikirimkan.

Jadi proses berbagi file dengan Xender ini mirip dengan penggunaan Bluetooth. Namun dengan kecepatan Xender kecepatan transfernya dua ratus kali lebih cepat. (yahya)

Zoom Cloud Meetings

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk melakukan pertemuan (meeting) tanpa harus berada di ruangan yang sama, bahkan lokasi yang sama. Tentunya hal tersebut dapat terjadi dengan adanya bantuan alat tertentu, minimal kamera, mikrofon, dan koneksi internet.

BACA JUGA: Daftar Video Conference gratisan dan tanpa install aplikasi 

Smartphone Android tentunya ideal untuk melakukan pertemuan secara online karena memiliki ketiga syarat tersebut. Masih ada satu hal lagi yang dibutuhkan, yaitu aplikasi untuk mengelola semuanya.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pertemuan secara online adalah Zoom Cloud Meetings. Zoom Cloud Meetings bukan saja mampu melakukan panggilan video satu lawan satu, melainkan juga dalam sebuah grup yang beranggotakan sampai seratus orang.

Selain panggilan video, Zoom Cloud Meetings juga memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks satu sama lain, maupun melakukan presentasi secara langsung. Zoom Cloud Meetings dapat digunakan untuk melakukan pertemuan dalam grup selama empat puluh menit secara gratis.

Aplikasi ini dapat terkoneksi ke internet menggunakan jaringan Wi-Fi maupun 4G/LTE. Bahkan, Zoom Cloud Meetings juga bisa berjalan dengan 3G. (yahya)