Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua, Apa Saja yang Ditawarkan?

By Rafki Fachrizal, Rabu, 9 Januari 2019 | 18:37 WIB

Leon Chen (General Manager of Singapore and Indonesia, Alibaba Cloud) dan Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika) saat peluncuran data center kedua Alibaba Cloud hari ini (09/01/19) di Jakarta.

Hari ini (09/01/19), Alibaba Cloud menggelar acara bertajuk "Hello Indonesia 2019”. Dalam acara tersebut, Alibaba Cloud menyampaikan pengumuman bahwa telah resmi meluncurkan data center keduanya setelah sepuluh bulan lalu melakukan peluncuran data center pertamanya di Indonesia.

Leon Chen, selaku General Manager of Singapore and Indonesia, Alibaba Cloud, mengatakan bahwa peluncuran data center kedua ini untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.

"Kedua data center Alibaba Cloud tersebut akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik," kata Chen.

Baca Juga : Lima Rekomendasi Software Editing Video yang Cocok untuk Pemula

Kehadiran dua data center ini menawarkan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal.

“Dengan semakin meningkatnya permintaan perusahaan Indonesia terhadap big data dan solusi analitik, Alibaba Cloud telah meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search pada bulan Januari ini untuk menyediakan kemampuan pencarian real-time, analisis data, dan visualisasi,” ujar Chen.

Dengan diluncurkannya data center kedua ini, Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia.

Internet Champion Global Accelerator

Masih dalam acara tersebut, Alibaba Cloud juga meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator. Program ini hadir  sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi “Go Digital 2020” dengan memberikan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan dan para profesional.

Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global lainnya.

Alibaba Cloud membuka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat start-up dan perusahaan, dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group.

Nantinya, program ini akan berlanjut ke Bali pada tanggal 12 Januari mendatang untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa.