Find Us On Social Media :

Lima Situs Ini Bisa Bantu Anda Mencari Inspirasi Desain UI/UX

By Rafki Fachrizal, Jumat, 11 Januari 2019 | 20:00 WIB

Lima Situs Ini Bisa Bantu Anda Mencari Inspirasi Desain UI/UX

Ketika mengembangkan desain sebuah website atau aplikasi, seringkali para desainer UI/UX mengalami momen stuck atau kehabisan ide. Padahal, dalam sebuah website atau aplikasi, UI/UX termasuk salah satu hal penting yang perlu diperhatikan karena menyangkut pengalaman dan kenyamanan konsumen saat menggunakan produk tersebut.

Bahkan, Borrys Hasian, Google Expert UI/UX, juga mengamini bahwa UI/UX sangat berperan penting dalam sebuah website atau aplikasi. “Kenapa penting? Karena apa yang users lihat dan gunakan adalah interface. Sebagus apapun business plan atau teknologi di belakangnya, jika interface-nya buruk, ya semua jadi buruk. Buruk disini juga bukan hanya soal visual design-nya saja,” kata Borrys.

Nah, untuk mengatasi masalah kehabisan ide ketika mendesain UI/UX, tentunya sumber inspirasi sangat dibutuhkan agar bisa memancing ide-ide menarik muncul dari kepala kita.

Sebagai solusinya, berikut ini ada lima rekomendasi situs yang bisa membantu untuk mencari inspirasi seputar desain UI/UX. Silahkan disimak!

1. Behance

Behance

Baca Juga : Enam Situs Untuk Mempelajari Teknologi Artificial Intelligence

Behance adalah komunitas dan tempat bagi para desainer UI/UX di dunia untuk menambah wawasan dan juga menampilkan hasil portofolio desain mereka. Desain yang ada di situs ini sendiri pun sangat beragam seperti ilustrasi, desain industri, arsitektur, fotografi, seni rupa, desain iklan, tipografi, animasi dan lainnya. Oh ya, Behance sendiri adalah salah satu perusahaan yang ternyata dimiliki oleh Adobe. 

Alamat situs: https://www.behance.net/

2. Dribbble

Dribbble

Merupakan salah satu komunitas online terbesar para desainer dunia. Mirip dengan Behance, para desainer yang sudah bergabung di situs ini bisa mengunggah hasil desain dan mendapatkan feedback dari orang lain yang ada di komunitas ini.

Menariknya, Dribbble telah banyak membantu desainer perusahaan teknologi terkemuka di dunia seperti Apple, Facebook, Google, Dropbox, Slack dan Airbnb, untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan seputar desain UI/UX sebuah produk. Secara keseluruhan, setiap desain yang tampil di Dribble sudah melakukan proses kurasi yang memiliki standar cukup tinggi.

Alamat situs: https://dribbble.com/