Find Us On Social Media :

Ada 700 Juta Email dan Password Bobol. Apakah Email Anda termasuk?

By Wisnu Nugroho, Jumat, 18 Januari 2019 | 10:36 WIB

700 juta email dan password bocor

Boleh jadi, inilah kebobolan data email terbesar di dunia. Lebih dari 700 juta email berikut password-nya kini beredar bebas di internet, membahayakan setiap orang yang memiliki email tersebut.

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana kebobolan sebesar itu terjadi?

Kejadian ini berawal dari beredarnya file berukuran 87GB di MEGA, salah satu penyedia cloud storage. Ahli security Troy Hunt kemudian menyelidiki file tersebut, dan menemukan file ini berisi 2,69 miliar baris data berisi email dan password. Akan tetapi data ini masih tidak rapi, seperti adanya email yang dobel, alamat email yang memiliki spasi, dan lain-lain.

Setelah dirapikan, hasil finalnya adalah ada 772.905.991 alamat email dan 21.222.975 password unik yang ada di file tersebut.

Dari Mana Kebocoran Email ini?

Jika melihat masifnya jumlah email yang bocor, kemungkinan besar file ini bukan berasal dari satu kejadian. Kemungkinan yang lebih masuk akal adalah alamat email tersebut berasal dari ratusan kasus kebobolan email yang pernah terjadi sebelum ini. Contohnya kebobolan data di Yahoo (2014, melibatkan 500 juta email), Marriot (2014-2018, 500 juta), atau Linkedin (2012, 100 juta).

Akan tetapi, jika membandingkan dengan data email yang diketahui pernah bobol, Troy menemukan adanya 104 juta email baru. Artinya, ada sumber kebocoran email yang belum pernah diketahui sebelumnya (mungkin karena skalanya kecil atau pihak yang kebobolan tidak melaporkan/tidak menyadari).

Apakah Email Saya Termasuk yang pernah dibobol?

Jika ingin mengecek apakah email Anda termasuk yang pernah dibobol, silakan kunjungi situs Have I Been Pawned. Masukkan email Anda, dan sistem akan melihat apakah email Anda ada di database email yang pernah dibobol. Jika email Anda ada di dalamnya, Anda juga mendapat informasi dari situs apa kebobolan email itu terjadi.

Bagaimana jika email saya termasuk yang dibobol?

Jika itu terjadi, berarti email dan password Anda kemungkinan besar sudah bobol dan bisa diakses hacker atau orang yang memiliki akses ke data tersebut. Segera ganti password Anda di setiap layanan tersebut.