Find Us On Social Media :

Review Gigabyte Sabre 15 P45W: Kinerja Kencang di Balik Kesederhanaan

By , Selasa, 22 Januari 2019 | 06:00 WIB

Notebook gaming pada umumnya memiliki tampilan yang memberikan kesan garang dan meriah berkat berbagai aksen yang diberikan di bodinya. Namun, tidak semua pengguna suka akan hal tersebut, terutama pengguna yang juga ingin menggunakan notebook gaming sebagai penunjang kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, Gigabyte memberikan pendekatan yang berbeda pada notebook gaming-nya, seperti yang terlihat pada varian Sabre 15 P45W ini. Tampilannya terasa sangat sederhana dan simpel karena tidak memiliki aksen tambahan pada cover depannya. Hal tersebut membuat notebook ini lebih kalem dan lebih cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan, bukan cuma untuk main game.

Sebagai sebuah notebook gaming, Gigabyte Sabre 15 P45W memiliki dapur pacu yang terkini. Perangkat ini menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H yang berbasis arsitektur generasi kedelapan alias Coffee Lake. Prosesor dengan 6 core dan 12 thread tersebut memiliki base clock 2,2 GHz dan Turbo Boost sampai 4,1 GHz. Kemudian perangkat ini juga memiliki memori utama DDR4 sebesar 16 GB yang masih bisa ditingkatkan sampai 32 GB.

Untuk menghasilkan kinerja grafis yang maksimal untuk bermain game, Gigabyte Sabre 15 P45W menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 6 GB GDDR5. Kinerjanya sangat baik dan mampu mendekati kinerja kartu grafis versi desktop-nya. Lalu untuk penyimpanan, notebook gaming ini menggunakan media penyimpanan ganda, yaitu SSD M.2 berkapasitas 256 GB, dan hard disk berkapasitas 1 TB untuk menyimpan berbagai file.

Walaupun memiliki tampilan luar yang sederhana, tetapi notebook gaming ini memiliki fitur yang menarik di dalamnya. Perangkat ini memiliki layar berdiagonal 15,6 inci dengan resolusi Full HD atau 1.920 x 1.080 pixel. Layar tersebut menggunakan panel WVA dan mendukung refresh rate sampai 120 Hz untuk merproduksi gerakan cepat secara lebih baik. Meskipun begitu, monitor ini tidak mendukung teknologi NVIDIA G-Sync.

Kemudian, Gigabyte Sabre 15 P45W juga memiliki keyboard yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan RGB. Sistem pencahayaannya terbagi menjadi beberapa zona yang bisa dikustomisasi sesuai selera. Keyboard-nya sendiri tergolong nyaman digunakan dengan feedback serta travel yang cukup enak saat digunakan untuk bermain game maupun mengetik.

Untuk menunjang penggunaan intensif dalam waktu yang lama, Gigabyte Sabre 15 P45W dibekali sistem pendingin dengan teknologi Supra-Cool. Teknologi ini menggunakan heatpipe berbahan tembaga yang dikombinasikan dengan kipas untuk memaksimalkan pendinginan. Hasilnya, kami merasa bahwa suhu notebook gaming ini tetap terjaga saat penggunaan dalam waktu lama, walaupun sesekali kipasnya berputar cukup kencang dan cukup terdengar.

Bicara soal kinerjanya, Gigabyte Sabre 15 P45W memiliki kinerja yang baik untuk menjalankan berbagai game terkini. Prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan juga memberikan peningkatan kinerja yang lumayan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kami mencoba menjalankan game Rise of the Tomb Raider dan mendapatkan frame rate sekitar 55,69 fps dengan pengaturan detail di High. Sementara hasil kinerja pada aplikasi pengujian lainnya bisa Anda lihat pada tabel.

Notebook gaming ini memiliki layar 15,6 inci dengan refresh rate sampai 120 Hz

Selayaknya notebook gaming kelas menengah, perangkat ini juga memiliki keyboard RGB yang bisa dikustomisasi per zona.

Hasil Uji