Find Us On Social Media :

Keunggulan Chatbot Tasia Buatan 3Dolphins Milik Toyota Auto2000

By Adam Rizal, Jumat, 15 Februari 2019 | 17:00 WIB

Dealer Toyota Auto2000 meluncurkan layanan berbasis chating melalui teknologi asisten virtual (chatbot) bernama Tasia. Chatbot Tasia itu sendiri dibuat oleh 3Dolphins selama 3 bulan.

Saat ini masyarakat ingin langsung mendapatkan informasi mobil dengan cepat, langsung dan interaktif.

Dealer Toyota Auto2000 meluncurkan layanan berbasis chating melalui teknologi asisten virtual (chatbot) bernama Tasia. Chatbot Tasia itu sendiri dibuat oleh 3Dolphins selama 3 bulan.

Tentunya, layanan chatbot Tasia itu akan membantu pelanggan untuk membeli mobil. "Tasia merupakan chatbot otomotif pertama di lndonesia untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan Auto2000 tanpa batasan ruang dan waktu," ujar Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan di Jakarta.

Tasia memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan artificial intelligent (Al) terkait dengan beberapa kecakapan penting, seperti fast response, sehingga chatbot dapat dengan cepat membalas pesan. Tasia mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang luwes dan dapat merespon jawaban pelanggan dengan cepat dan siap setiap saat.

"Tasia dapat diakses 24 jam penuh karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan. Yang menarik, adanya Al membuat Tasia memiliki gaya bahasa yang tidak kaku," kata Martogi.

Tasia sendiri memiliki beberapa fitur utama dan menjadi keunggulan seperti urusan pembelian kendaraan, info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen.

"Tasia mampu merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat dari spesifikasi mobil, lokasi hingga simulasi kredit. Kami akan terus meningkatkan kemampuan Tasia di masa depan," kata Sonny Hastomo, CEO PT Inmotion Inovasi Teknologi (InMotion).

"Saat ini baru tersedia di live chat dan WhatsApp sesuai permintaan klien," ucap Sonny.

Rian Novianto, Co-founder dan Business Development Director 3Dolphins dan Sonny Hastomo, CEO PT Inmotion Inovasi Teknologi (InMotion) (ki-ka) hadir dalam peresmian Chatbot Terbaru 3Dolphins Tasia.

Sony melihat para perusahaan mulai melirik aplikasi berbasis percakapan chatbot untuk meningkatkan pelayanannya, mengingat para pelanggan sudah memiliki ponsel pintar dan menggunakan aplikasi chatting sebagai favoritnya.

"Jadi ada shifting behavior dari aplikasi web ke chatbot. Pakai chatbot jauh lebih mudah dan cepat tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu," pungkasnya.

Penggunaan chatbot juga mampu meningkatkan efisien perusahaan dari sisi customer service karena umumnya pelanggan menanyakan pertanyaan yang sama dan itu bisa dilakukan oleh chatbot.