Find Us On Social Media :

Keren, Ini Dia Daftar Lima Data Center yang Paling Unik di Dunia

By , Minggu, 17 Februari 2019 | 10:00 WIB

kredit: Americanbuildersquarterly.com

Ada 16 juta pesan teks yang terkirim tiap menit. Google memproses 40.000 pencarian per detik. Data yang tercipta di seluruh dunia mencapai 2,5 quintillion bytes per hari.

Angka-angka tersebut mungkin bisa menggambarkan besarnya aktivitas digital masyarakat modern saat ini. Semua itu menuntut kesiapan infrastruktur pendukung, termasuk data center. Tak heran jika sampai tahun 2023 nanti, data center akan tumbuh 8,25% tiap tahunnya.

Namun membangun data center tidak seperti membangun bangunan biasa. Data center mengkonsumsi energi yang besar, karena melibatkan perangkat elektronik sekaligus pendingin. Data center membutuhkan lokasi yang strategis, karena harus terhubung dengan jaringan internet yang melayani pengguna. Data center juga harus aman secara fisik, karena data yang tersimpan di dalamnya memiliki nilai sangat tinggi.

Semua faktor tersebut membuat banyak data center yang dibangun dengan pendekatan berbeda. Berikut adalah lima data center paling unik di dunia saat ini. (Penulis: Afit Husni)

Yahoo Computing Coop (Y!CC)

Lokasi: Lockport, New York

Keunikan: Desain seperti kandang ayam

Data center Y!CC pertama kali di bangun di Lockport, New York. Data center ini mengadopsi desain “kandang ayam”, dengan bangunan yang memanjang ke belakang dan atap yang tinggi di tengah. Tujuan desain seperti ini adalah meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan data center, sehingga konsumsi daya menjadi lebih efisien.

Efisiensi ini membuahkan hasil. Didukung udara dingin di area tersebut, 99% operasional data center Y!CC menggunakan natural cooling. Tim Y!CC sendiri menyebut, data center mereka bisa mencapai efisiensi air sampai 95% serta efisiensi listrik 40%.

Sebuah hasil impresif untuk sebuah data center yang terinspirasi “kandang ayam”.

Pionen Data Center

Lokasi: Stockholm, Swedia