Find Us On Social Media :

Keren, Ini Deretan Perusahaan Penghasil Robot Canggih di Pertanian

By Rafki Fachrizal, Kamis, 28 Februari 2019 | 12:19 WIB

Perkembangan robot terus mengalami kemajuan dan banyak membantu berbagai sektor industri, termasuk industri pertanian. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang misalnya, penggunaan robot telah banyak membantu dan meningkatkan produktivitas petani di lahan pertanian mereka.

Berbicara mengenai robot pertanian, kini telah banyak perusahaan teknologi dunia yang menghadirkan robot-robot canggih dengan memadukan teknologi seperti AI (Artificial Intelligence), IoT (Internet of Things), cloud, dan lainnya. Melihat itu, berikut adalah enam perusahaan teknologi dunia yang telah menghasilkan robot canggih di bidang pertanian.

FarmBot

Berbasis di California, Amerika Serikat, startup Farmbot telah menciptakan robot yang dapat membantu mempermudah kinerja para petani. Bernama Farmbot Genesis, robot ini mampu melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan petani seperti menyiram air, memberi pupuk dan melakukan pekerjaan lain yang dapat mendukung tanaman agar tumbuh dengan subur.

Sumber gambar: Farmbot

Untuk dapat bisa bekerja, robot ini harus terhubung dengan software yang dapat diunduh penggunanya di web resmi FarmBot. Bagi pengguna yang mengalami kesulitan dalam pengoperasian robot ini pun tak perlu khawatir, pasalnya FarmBot menyediakan forum diskusi online yang berguna untuk mengatasi hal tersebut.

Ecorobotix

Merupakan robot berbasis AI yang dapat mendeteksi jenis dan karakteristik tanah suatu lahan pertanian sehingga mampu mengatasi resiko kegagalan panen. Berbeda dengan robot lainnya, Ecorobotix merupakan robot berjenis drone yang selain mampu bekerja di darat, namun juga memiliki kemampuan bekerja dalam kondisi terbang.

Sumber gambar: Ecorobotix

Selain itu, robot yang memiliki bentuk unik seperti meja ini juga memiliki sensor yang mampu mendeteksi gulma pada lahan pertanian. Hal menarik lainnya, robot ini juga ramah lingkungan, di mana  menggunakan tenaga surya untuk dapat beroperasi. Bahkan, perusahaan mengklaim bahwa robot mereka mampu bekerja hingga 12 jam secara terus-menerus. 

Naio Technologies

Naio Technologies memiliki 2 jenis robot yang ditawarkan untuk membantu memudahkan kinerja petani, yaitu robot Oz dan robot Dino. Perbedaannya, robot Oz cocok digunakan untuk lahan kecil atau sempit seperti green house atau rumah kaca, sedangkan robot Dino untuk penggunaan lahan pertanian yang luas.

Sumber gambar: naio-technologies.com