Find Us On Social Media :

Permainan Eletronik Bertema Olahraga yang Pertama Kali Dibuat

By Dayu Akbar, Minggu, 17 Maret 2019 | 10:28 WIB

Olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang. Beberapa cabang olahraga dapat dengan mudah dilakukan karena tak membutuhkan sarana khusus, tetapi ada juga yang membutuhkan sarana tertentu yang belum tentu mudah diakses banyak orang. Mereka yang menggemari olahraga yang disebutkan terakhir ini seringkali melampiaskan kegemaran mereka melalui sebuah permainan elektronik bertema olahraga tersebut.

Permainan olahraga kini sudah berevolusi sedemikian rupa sehingga tampak begitu nyata. Semua dimungkinkan berkat perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat. Bahkan, permainan olahraga juga mulai dipertandingkan layaknya olahraga sungguhan.

Sekian tahun yang lalu, ketika permainan olahraga baru mulai dibuat, mungkin orang tak menyangka jika sekarang permainan tersebut sudah menjadi sedemikian nyata. Bahkan, bisa jadi pengembangnya sendiri pun tidak menduganya. Jika Anda penasaran, seperti apakah permainan elektronik bertema olahraga yang tergolong pertama kali dibuat, inilah sebagian di antaranya. (YAHYA KURNIAWAN)

Tennis For Two

Foto – www.geekzone.fr

Tennis for Two bisa dikatakan merupakan permainan elektronik bertema olahraga yang pertama kali dibuat. Malahan, Tennis for Two mungkin permainan elektronik pertama yang pernah dibuat.

Permainan ini menggunakan osiloskop sebagai tampilan, serta sebuah tombol dan potensiometer sebagai pengendali. Tennis for Two dikembangkan oleh seorang fisikawan asal Amerika Serikat bernama William Higinbotham.

Pada tahun 1950-an, Brookhaven National Laboratory, laboratorium milik pemerintah Amerika Serikat, menggalakkan program agar khalayak mau mengunjungi dan mengenal alat-alat laboratorium. Agar menarik, William Higinbotham kemudian menciptakan Tennis for Two yang mulai “dipamerkan” pada tahun 1958.

Pong

Foto – www.theverge.com

Jika Tennis for Two merupakan permainan elektronik pertama untuk cabang olahraga tenis, Pong adalah yang pertama untuk cabang olahraga tenis meja. Nama Pong sudah mencerminkan hal tersebut, sebab tenis meja disebut juga dengan pingpong.

Permainan ini diciptakan oleh Atari dan dirilis pada tahun 1972 dalam bentuk permainan video yang tersimpan pada sebuah lemari (kabinet). Meskipun berselisih empat belas tahun dengan Tennis for Two, tampilan Pong tidak menunjukkan kemajuan yang berarti.

Sejarah terciptanya Pong cukup menarik. Saat itu, pihak Atari hendak merekrut seorang computer scientist bernama Allan Alcorn. Sebagai ajang latihan di masa percobaan, Alcorn diminta membuat permainan tenis meja dan akhirnya lahirlah Pong yang legendaris itu.