Find Us On Social Media :

Di Desa Bengkala, Si Bisu-Tuli tak Lagi Sunyi

By Administrator, Senin, 18 Maret 2019 | 14:10 WIB

Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Kolok Bengkala menjadi tempat warga kolok berinteraksi dan menambah keterampilan

Jejeran pagar hidup membatasi kanan-kiri jalan menuju pintu masuk. Tanah kering, tandus, dan berbatu membentang di seluruh kawasan. Saat itu memang sedang musim kemarau. Sudah lama hujan tidak turun. Kebun pisang yang biasanya ramai pun terlihat mengering. Kebun kunyit yang menjadi andalan harus direlakan mati. Namun, beberapa pohon mangga, jambu mete, dan kelapa masih tampak tumbuh subur mengelilingi kawasan.

Di tengah kawasan, wantilan atau balai besar yang menjadi pusat kegiatan warga tampak berdiri kokoh. Di hadapannya, ada dua wantilan kecil yang seolah-olah menjadi pelindung bagi wantilan besar. Di sebelah kiri wantilan besar, terdapat lahan berkebun yang ukurannya dua kali lapangan bulu tangkis. Di belakang wantilan besar terlihat beberapa bangunan seperti balai tenun, balai pembuatan Sakuntala, dapur umum, kamar mandi dan WC. Di sebelah kanan wantilan besar terdapat rumah warga yang dihuni oleh satu keluarga pemilik tanah.

Pemandangan di atas adalah gambaran sebuah area bernama Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Kolok Bengkala ini berada di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Cerita tentang Desa ini memang sudah mendunia. Banyak peneliti berkunjung ke sini. Bukan karena tanahnya yang subur atau kunyit khas Bengkala yang tenar, melainkan karena keunikan masyarakatnya yang berhasil menaikkan derajat warga bisu-tuli di sana.

Hari Minggu adalah hari saat sebagian besar warga kolok (sebutan untuk warga penyandang bisu-tuli dalam bahasa Bali) beraktivitas di KEM ini. Masyarakat yang normal juga ikut di sana. Mereka bercampur dalam keceriaan. Relasi yang terjalin sangat erat. Tidak ada pembedaan. Tidak ada diskriminasi. Tua maupun muda, kolok maupun normal. Semua bercampur mewujud subtil.

Kisah tentang warga kolok ini memang telah ada sejak tahun 1103 Masehi. Bahkan, pada tahun 70-an, penduduk Desa Bengkala yang kolok mencapai 100 jiwa lebih. Berkat program Keluarga Berencana, hingga saat ini warga kolok pun menyusut hingga 43 jiwa.

Selembar tajuk rawa yang menandai nama KEM Kolok Bengkala di wantilan besar adalah simbol harapan para perintis. Semangat  untuk menghilangkan sekat antara si normal dan si kolok, bersosialisasi dan beraktivitas serta terbuka dengan masyarakat luar, dan mampu mandiri dan meningkatkan taraf ekonomi kehidupan mereka.

Demi Kemandirian

Inisiatif pembentukan KEM Kolok Bengkala memiliki cerita sendiri. Berawal dari niat untuk mengabdikan diri pada masyarakat, Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat (FlipMAS ) Wilayah Ngayah Bali—forum yang beranggotakan dosen dari berbagai universitas di Bali—mulai melakukan survei bersama tim dari Kemenristekdikti untuk keperluan Iptek Bagi Wilayah (IBW). Hasil survei ini menjadi cikal bakal FlipMAS Wilayah Ngayah Bali dan FlipMAS Indonesia menginisiasi pembentukan KEM Kolok Bengkala. Inisiatif ini lalu disampaikan ke PT. Pertamina Persero. Gayung bersambut, visitasi pun dilakukan.

Ketua Pelaksana KEM Kolok Bengkala, Putu Suwardika, mengisahkan, tujuan pendirian KEM Kolok Bengkala sangat sederhana. “Masyarakat Kolok Bengkala harus mandiri bagi dirinya dan keluarganya,” tutur Pak Putu, sapaan akrabnya.

Dimulai pada tahun 2014 dengan luas tanah utama dua hektare, warga kolok tidak serta-merta menerima inisiatif pendirian KEM Kolok Bengkala. Warga kolok adalah kelompok masyarakat yang telah lama tidak mendapat pendidikan. Persoalan sosial masyarakat seperti rendah diri, krisis kepercayaan pada warga normal karena kerap dibodoh-bodohi untuk menjual tanah leluhurnya, dan kebiasaan mabuk serta berjudi sempat menjadi kendala pembangunan KEM.

Hidup bersekat konflik pribadi antar warga kolok tanpa memikirkan satu sama lain pun sempat mereka alami. Pada akhir tahun 2016 barulah komunikasi warga kolok sudah mulai mencair. Kepercayaan diri sudah mulai tumbuh. Keterbukaan pun ditunjukkan dengan ikut bersama-sama membangun KEM Kolok Bengkala.