Find Us On Social Media :

Ketika Platform VMS Mampu Mendorong Bisnis di Berbagai Industri

By Rafki Fachrizal, Kamis, 4 April 2019 | 17:12 WIB

Benjamin Low (Vice President, Asia Pasific, Milestone Systems), saat presentasi di acara Milestone Integration Platform Symposium (MIPS) APAC 2019 di Nusa Dua, Bali

Nusa Dua, Bali - Video Management Software (VMS) merupakan platform yang amat sangat penting dalam mendukung kinerja surveillance camera (kamera pengawas) di berbagai industri di era digital saat ini.

Dengan VMS, memungkinkan pelaku industri untuk meninjau, menganalisis, mengelola, hingga mendeteksi dan memperingatkan adanya ancaman yang muncul dari rekaman seluruh kamera pengawas yang ada di lingkungan industri tersebut.

Apalagi, dengan diimplementasikannya teknologi AI (Artificial Intelligence), kamera pengawas yang dulu umumnya hanya sering digunakan untuk merekam aktivitas di sebuah ruangan saja, kini dengan teknologi tersebut menjadi lebih cerdas dan dapat dimanfaatkan lebih dari itu.

Sebagai contoh, kemampuan tersebut seperti analisis pengunjung toko ritel, mengidentifikasi plat kendaraan di jalan, dan mengawasi aktivitas karyawan di area pabrik. Bahkan, kamera pengawas yang dilengkapi dengan VMS juga mampu mendorong bisnis para pelaku industri saat ini.

Menurut Benjamin Low (Vice President, Asia Pasific, Milestone Systems), teknologi AI pada VMS mampu membawa manfaat bagi para pelaku industri di berbagai pasar vertikal yang berbeda. Salah satu vertikal tersebut adalah ritel, yang di mana industri ini memiliki fokus utama untuk selalu meningkatkan pengalaman belanja para konsumennya.

"Teknologi AI dapat membantu ritel dalam mendapatkan wawasan mengenai para konsumennya, yang di mana berdasarkan hasil tren masa lalu yang yang dihasilkan berdasarkan analitik video. Dengan begitu, akan memungkinkan pihak ritel untuk memandu konsumen untuk dapat tertarik terhadap suatu produk, atau mengatur barang-barang promosi yang ditargetkan untuk konsumen tertentu. Tidak hanya itu, ritel juga bisa mengidentifikasi secara cepat jika adanya orang yang ingin melakukan pencurian," ujar Low di sela-sela acara Milestone Integration Platform Symposium (MIPS) APAC 2019.

Milestone Marketplace

Untuk membantu mendorong bisnis berbagai industri di dunia lewat pemanfaatan kamera pengawas, Milestone Systems, perusahaan VMS yang berbasis open platform terus menghadirkan inovasi yang membantu mempermudah para pelanggannya dalam mendapatkan solusi kamera pengawas yang cerdas.

Seperti baru-baru ini, Milestone Systems memperkenalkan platform marketplace yang membantu menghubungkan antara integrator, konsultan, dan pengguna akhir. Bernama Milestone Marketplace, platform ini memungkinkan Milestone Technology Partners untuk memasarkan perangkat lunak, perangkat keras, atau solusi lainnya secara global kepada setiap calon pelanggan yang dianggap potensial.

Susan Von Bulow (Senior Digital Project Manager, Milestone Systems), mengatakan bahwa Milestone Marketplace merupakan platform yang fokus pada bisnis kamera pengawas cerdas, seperti layaknya platform Uber dan Amazon yang hadir di ranah bisnis taksi dan ritel.

Sejak diluncurkan pada bulan Februari lalu di Copenhagen, Susan mengungkapkan bahwa saat ini sudah terdapat 70 partner dengan lebih dari 120 solusi yang ada di marketplace ini.

"Dengan antarmuka yang sangat ramah, Anda  akan diarahkan ke perangkat lunak, perangkat keras, dan solusi kamera pengawas cerdas yang Anda cari. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi penyedia teknologi dan mencari tahu lebih lanjut apa yang Anda butuhkan untuk menerapkan solusi di bisnis Anda," jelas Susan.