Find Us On Social Media :

Meski Murah, Inilah Perbedaan Segmentasi Pasar Galaxy A dan Galaxy M

By Adam Rizal, Jumat, 5 April 2019 | 10:15 WIB

Samsung Galaxy M10

Samsung meresmikan dua seri Galaxy A terbaru di Indonesia, yaitu Galaxy A10 dan Galaxy A20.

Kedua ponsel tersebut bakal mengisi portofolio Samsung di jejeran smartphone entry-level di Indonesia, menggantikan seri Galaxy J lawas.

Jika dilihat-lihat dari segi harga, Galaxy A10 (Rp 1,8 juta) dan Galaxy A20 (Rp 2,3 juta) menyasar ke target pasar ponsel entry-level di kisaran Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan, serupa dengan Galaxy M10 (Rp 1,7 juta) dan M20 (Rp 2,8 juta).

Lantas, apakah dua seri yang berbeda ini, Galaxy A dan Galaxy M bakal saling "caplok" pasar smartphone Samsung di Tanah Air?

IM Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi menjawab pertanyaan itu.

"Nggak sih, kalau Galaxy M series itu fokusnya lebih ke sobat anti lowbatt atau memang orang yang ingin cari fungsi baterai," ujar Irfan ditemui di sela peluncuran Galaxy A10 dan Galaxy A20 di Jakarta.

Irfan berani berkata demikian bukan tanpa alasan. Menurutnya, Samsung menyediakan pilihan smartphone berdasarkan preferensi penggunanya. Ada beberapa peminat ponsel Samsung yang ingin dapat semua fitur, namun dengan harga yang terjangkau.

"Memang ada yang mau layarnya bagus, full HD, walau gak perlu Super AMOLED, tapi baterainya tahan seharian," sebut Irfan.

Konsumen seperti ini merupakan target pasar Galaxy M series. Sebab, mereka ingin punya ponsel yang performanya lebih dan bisa tahan seharian, tanpa tak begitu melihat desain ponsel.

Sementara jika desain masih jadi pertimbangan, namun masih ingin mengedepankan aspek performa, maka Galaxy A series bisa dipilih.

"Jadi memang Galaxy A series itu demokratis, semua fitur ada, desain oke, performa mumpuni, (kamera) bisa ultra-wide juga, dan baterai besar meski tak sebesar M series," ujar Irfan.

Desain