Find Us On Social Media :

Pasar Komputer PC Diprediksi Turun Tahun ini, Ini Penyebabnya

By Adam Rizal, Sabtu, 13 April 2019 | 13:00 WIB

IDC Prediksi Pasar Komputer PC Terus Lemah Tahun ini

Kondisi penjualan perangkat komputer di dunia masih belum kembali bergairah. Dua lembaga riset ternama, Gartner dan IDC sama-sama sepakat bahwa pada kuartal I-2019 ini kondisi penjualan PC kembali merosot.

Berdasarkan laporan Gartner, jumlah total pengapalan perangkat komputer turun sebesar 4,6 persen dari kuartal sebelumnya, dari 61,3 juta unit di kuartal I-2018 menjadi 58,5 juta unit di kuartal I-2019.

Bahkan berdasarkan laporan tersebut, hanya tiga nama besar vendor PC yang mencatatkan peningkatan penjualan meski dalam jumlah yang kecil.

Menurut catatan Gartner, Lenovo masih memimpin industri PC dengan jumlah pengapalan terbanyak selama kuartal I-2019 ini.

Kemudian diikuti oleh HP dan Dell. Ketiga nama inilah yang tercatat mengalami peningkatan penjualan.

Lenovo meningkat sebesar 6,9 persen dari kuartal sebelumnya, sementara HP dan Dell meningkat masing-masing sebesar 0,8 persen dan 1,5 persen.

Sementara tiga brand lainnya yang menduduki posisi empat hingga enam, tidak menunjukkan perubahan ke arah yang positif.

Apple, Asus, dan Acer yang duduk secara berurutan mengalami penurunan dibandingkan kuartal akhir 2018 lalu.

"Saat pasar konsumen terus lemah, ketersediaan produk yang ada di pasar juga mungkin menghambat permintaan," ungkap analis Gartner, Mikako Kitagawa seperti dikutip Venture Beat.

Senada dengan Gartner, lembaga riset IDC pun mengungkapkan hal serupa. IDC memperkirakan jumalah pengapalan PC merosot 3 persen di kuartal I-2019.

Namun ada sedikit perbedaan yang ditunjukkan dari hasil riset IDC, yakni menempatkan HP di peringkat pertama, sementara Lenovo dan Dell di peringkat kedua dan ketiga.

Peringkat ini ditentukan berdasarkan jumlah pangsa pasar yang diperoleh masing-masing vendor pada kuartal I-2019.