Find Us On Social Media :

Lupakan Tablet, Belilah Speaker Pintar Karena Alasan Bisnis ini

By Adam Rizal, Kamis, 18 April 2019 | 15:30 WIB

Lupakan Tablet, Belilah Speaker Pintar Karena Alasan ini

Pasar smart speaker atau speaker pintar terus berkembang dan memiliki prospek yang besar di masa depan.

Bahkan, speaker pintar berpotensi mengalahkan pasar wearable band dan tablet.

Para analis Canalys memprediksi pasar speaker pintar bisa menembus angka 200 juta unit sampai akhir tahun ini.

Penjualan spekaer pintar dapat mencapai 207,9 juta unit smart speaker pada 2019, naik 82,4 persen dibandingkan 114 juta unit pada tahun 2018 lalu.

Canalys juga memprediksi speaker pintar itu sudah memiliki pangsa pasar lebih besar ketimbang wearable band. Canalys memprediksi jumlah kepemilikan speaker pintar bakal melampaui tablet pada 2021.

Amerika Serikat (AS) masih akan menjadi pasar terbesar buat speaker pintar dengan porsi 42,2 persen secara global, tumbuh 46 persen pada tahun ini seperti dikutip Venturebeat.

Tiongkok diproyeksikan mencatatkan pertumbuhan perangkat speaker pintar sampai 166 persen pada tahun ini walaupun secara keseluruhan jumlah unit yang terjual masih ada di bawah pasar AS.

Peta Persaingan

Saat ini Amazon masih menguasai pangsa pasar speaker pintar secara global tetapi pelan tapi pasti Google dan Alibaba terus mengejar Amazon untuk menjadi pemimpin pasar spekar pintar.

Menariknya, speaker pintar Apple yaitu HomePod belum bisa memberikan gebrakan berarti di pasar speaker pintar.

Para pengamat menilai Apple salah menetapkan strategi penjualan, mengingat harga HomePod yang sangat mahal dibanding para kompetitornya.

Strategy Analytics melaporkan Amazon masih memimpin pasar speaker pintar dengan Echo dan speaker pintar Google mengalami pertumbuhan sebesar 420 persen pada kuartal dua 2018.