Find Us On Social Media :

Enam Rekomendasi Software Game Engine Tanpa Koding Paling Populer

By Rafki Fachrizal, Minggu, 28 April 2019 | 15:00 WIB

architosh.com

Kebanyakan orang menganggap bahwa membuat gim sangat sulit lantaran dibutuhkan keahlian dan pengetahuan seputar programming. Nyatanya, anggapan itu kini bisa ditepis lantaran sudah banyak software game engine yang mampu mewujudkan gim impian Anda.

Lantas, apa itu game engine? Game engine merupakan software yang dirancang untuk membantu siapa pun untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah gim. Fungsi utama game engine sendiri untuk menggabungkan berbagai komponen seperti gambar, animasi, suara, kecerdasan buatan dan komponen lainnya agar terbentuk menjadi sebuah gim yang sesuai dengan keinginan.

Lebih lanjut, bagi yang ingin mulai mencoba untuk membuat gim tanpa repot berurusan dengan koding, berikut ini enam rekomendasi software game engine yang bisa Anda gunakan. Silahkan disimak!

GameSalad

gamesalad.com

Diluncurkan pada 2010, GameSalad merupakan salah satu software yang memungkinkan siapa saja untuk dapat membuat gim 2D dengan mudah. Populer di kalangan pendidik di bidang ilmu komputer, GameSalad biasanya digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman dasar, desain gim, dan kreasi media digital kepada siswa mereka.

Tidak hanya di kalangan pendidik, GameSalad sendiri juga populer dikalangan profesional seperti desainer, animator, hingga pengembang gim. Bahkan, GameSalad telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengembang gim di dunia dan juga telah menciptakan lebih dari 75 gim mobile yang pernah masuk dalam daftar gim 100 teratas di App Store, seperti gim Mazes of Karradash dan Get_Fiquette.

Gamemaker Studio 2

yoyogames.com

Bernaung di bawah perusahaan YoYo Games, Gamemaker Studio dirancang agar setiap penggunanya dapat membuat gim secara praktis dengan menggunakan tools yang ada di dalam software ini. Saat ini, Gamemaker Studio sudah dikembangkan hingga versi 2 dan tentunya memiliki kemampuan yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Untuk hasil output-nya, gim yang telah dibuat di Gamemaker Studio 2 mampu berjalan di berbagai platform seperti Android, iOS, HTML5, PS4, Xbox One, Windows Desktop, OS X, Ubuntu hingga Windows UWP. Berdasarkan informasi perusahaan, software ini telah diunduh sebanyak 10 juta kali sejak 2012 dan telah menghasilkan beberapa gim popular seperti Undertale, Hyper Light Drifter, Crashlands dan Spelunky.

Construct 3