Find Us On Social Media :

Jendela360: Cakrawala Baru Penyewaan Apartemen Bagi Masyarakat Urban

By Rafki Fachrizal, Minggu, 28 April 2019 | 19:35 WIB

Daniel Rannu, CEO dan Co-Founder Jendela360

Obrolan santai dua sahabat ternyata bisa menjadi sebuah bisnis serius. Hal ini dialami Daniel Rannu dan Andre Indra, yang pada sebuah kesempatan sedang berbincang soal sewa-menyewa apartemen. “Waktu itu saya mewakili pemilik apartemen, sementara Ade sebagai pencari apartemen” cerita Daniel Rannu, CEO dan Co-Founder Jendela360.

Dari sisi Daniel sebagai pemilik apartemen, masalah yang sering dihadapi adalah sulitnya memasarkan unit apartemen tersebut. Yang terjadi selama ini, pemilik akan menitipkan unitnya ke agen apartemen. Akan tetapi, masih ada masalah trust issue di cara ini.

Sebagai contoh, Daniel pernah mengalami masalah saat menitipkan unit apartemennya ke salah satu agen. Setelah tak kunjung tersewa, ia iseng mengunjungi apartemen miliknya itu. Siapa nyana, ia mendapati sudah ada orang yang menempati apartemennya itu.

“Ya kacau banget kan, niatnya nitipin malah sudah ada yang tempatin. Trus saya jadi bertanya-tanya, ini benar belum tersewa atau ternyata sudah tersewa tapi tidak bilang-bilang. Atau, memang tidak disewakan supaya bisa dipakai sendiri oleh agennya itu. Jadinya, malah banyak pikiran-pikiran negatif,” terang Daniel.

Sedangkan dari sisi penyewa apartemen, masalah utama adalah minimnya informasi mengenai unit yang ditawarkan, seperti keadaan ruangan atau kelengkapan fasilitas. Belum lagi proses komunikasi dengan agen yang kurang menyenangkan.

“Karena itu, jadi kami jadi terpikir membuat satu solusi yang bisa mengatasi masalah ini, baik dari sisi pemilik maupun penyewa apartemen. Akhirnya, kami buatlah Jendela360” cerita Daniel. Pada dasarnya, Jendela360 adalah platform yang mempertemukan pemilik apartemen dengan penyewa apartemen secara seamless dengan pendekatan yang end-to-end.

Baca Juga : Enam Rekomendasi Software Game Engine Tanpa Koding Paling Populer

Virtual Tour

Saat mengunjungi situs jendela360.com, calon penyewa tinggal mencari apartemen atau lokasi yang mencari incaran Anda. Nanti akan muncul unit apartemen yang sesuai dengan pencarian tersebut, lengkap dengan harga sewa, kelengkapan unit, dan informasi penting lainnya.

Namun keunikan utama Jendela360 adalah keberadaan fasilitas 360 Virtual Tour. Dengan fitur ini, calon penyewa apartemen dapat melihat pemandangan 360 derajat dari setiap ruang di unit apartemen yang ditawarkan. Harapannya, foto 360 derajat dapat memberikan informasi yang lebih detail kepada calon penyewa, layaknya mengunjungi secara langsung apartemen tersebut.

Apartemen yang disewakan sendiri bisa bulanan atau tahunan. Namun jika harga sewa per tahun terasa berat bagi calon penyewa, Jendela360 menawarkan sistem pembayaran cicilan. Selain bekerjasama dengan bank-bank besar di indonesia, Jendela360 juga menjalin kerjasama dengan perusahaan financial technology untuk menghadirkan fasilitas ini. Dengan kata lain, cicilan bisa dilakukan dengan atau tanpa kartu kredit.

Sedangkan bagi pemilik apartemen, Jendela360 menawarkan beragam keuntungan. Contohnya apartemen yang ditawarkan akan terpampang di situs Jendela360 dan seluruh property marketplace di Indonesia. Tim Jendela360 juga akan melakukan pengambilan foto secara profesional dan menemani calon penyewa ketika ingin survei.