Find Us On Social Media :

2 Alasan Indonesia Jadi Pasar Ponsel Terbesar di Asia Tenggara

By Adam Rizal, Jumat, 10 Mei 2019 | 10:30 WIB

Suasan ITC Roxy, surga toko ponsel terbesar di Jakarta

Pangsa pasar ponsel Indonesia tumbuh sangat cepat. Lembaga periset pasar Canalys mencatat, terjadi pertumbuhan 17 persen dari tahun 2017 ke 2018.

Angka ini menjadikan Indonesia sebagai pasar ponsel paling subur, atau dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Sebagai perbandingan, laporan yang juga dibuat oleh Canalys menyebut pasar ponsel Thailand justru turun 13 persen, di periode kuartal IV-2018.

"Smartphone market di Indonesia sudah paling bagus-lah di Asia Tenggara. Kalau kata Canalys, Indonesia itu rising star pasar smartphone di Asia Tenggara," kata Yudistira Nugroho, Senior Industri Analis Tech & Telco, Google Indonesia.

Pertumbuhan pangsa pasar ponsel di Indonesia diklaim mencapai hampir 20 persen dari tahun ke tahun.

Ada beberapa alasan yang mendorong pertumbuhan pasar ponseldi Indonesia. Pertama, pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup.

Baca Juga : Inilah 3 Pertimbangan Orang Indonesia ketika Membeli Smartphone Baru

"Orang Indonesia itu kalau punya duit lebih, sekarang fokusnya bukan di kebutuhan pokok atau sekunder, tapi ke kebutuhan tersier. Ini salah satu laporan dari Nielson juga, kalau orang Indonesia punya uang lebih, mereka lebih spending ke gaya hidup," tutur Yudis.

Ia juga mengungkapkan, survei perilaku pencarian ponsel saat Ramadan yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Hasilnya, pencarian ponsel flagship cukup tinggi saat tunjangan hari raya (THR) tiba.

"Ternyata pada saat THR, growth dari smartphone flagship lebih tinggi peak-nya dari smartphone mid atau low," ujar Yudis.

Kedua, banyaknya merek baru yang bermunculan serta merek lama yang terus berinovasi menelurkan fitur baru, juga mendorong pasar ponsel di Indonesia.

Kendati demikian, Yudi menyebut 55 persen calon pembeli justru dibuat pusing oleh banyaknya merek dan model ponsel yang ada saat ini.