Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy M20: Perubahan Positif demi Persaingan

By Dayu Akbar, Minggu, 26 Mei 2019 | 08:00 WIB

Melalui seri Galaxy M20, Samsung mulai menurunkan standar smartphone-nya dalam artian yang positif. Maksudnya, kami melihat Samsung mulai berani bersaing secara langsung. Yang pertama dari sisi harga. Sebelumnya, Samsung selalui mematok harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor sekelas. Kedua, dengan rentang harga sekelas, desain serta spesifikasi yang ditawarkan biasanya juga masih kalah.

Kini Galaxy M20 hadir dengan tawaran yang lebih menggiurkan. Sebelumnya Samsung menyasar segmen disesuaikan dengan serinya. Untuk kelas budget atau low-end, hadir seri J. Sedangkan diatasnya yaitu seri A bidik kelas menengah. Nah, seri M ini sendiri berada diantara dua seri tersebut. Dan menariknya, tawaran harganya cenderung dekat dengan seri J dibanding seri A. Inilah beberapa hal yang kami suka dari hadirnya seri Galaxy M20.

Berbicara desain, Galaxy M20 hadir dengan fisik yang terlihat lebih menarik dibanding seri J. Bodinya meski dari plastik polycarbonate namun didesain lebih kokoh dengan lapisan gloassy.  Bagian depannya terlihat lapang dengan layar 6,3 inci yang menggunakan bezel berukuran tipis di keempat sisinya. Resolusi layarnya yaitu 1080 x 2340 pixels dengan aspek rasio 19.5:9. Tidak ketinggalan, Samsung juga mulai mengadopsi tren penggunaan notch yang kali ini memiliki ukuran kecil.

Galaxy M20 memiliki dual kamera utama dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 5 MP. Bukaan aperture-nya juga lebih lebar agar mampu menangkap cahaya lebih banyak saat kondisi low light. Dua kamera ini tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap gambar dengan efek bokeh, tapi juga dalam area tangkapan yang lebih luas dengan mode wide-scree angle. Hasil foto pada kondisi cahaya cukup, efek bokehnya terlihat rapi dan halus. Untuk pilihan mode kamera terdiri dari panorama, pro, beauty, live focus (bokeh), auto, stickers, dan continuous shot.

Kamera depan untuk selfie memiliki resolusi 8 MP yang juga bisa menangkap foto dengan tambahan efek bokeh. Tidak terdapat lampu kilat dan digantikan dengan pencahayaan dari latar (screen flash). Oiya, meski kedua kamera bisa bokeh, tapi Anda tidak bisa menyunting efek bokeh tersebut.

Smartphone menengah kekinian rata-rata bidik pengguna yang suka bermain game. Oleh karena itu, Galaxy M20 juga sudah dipersiapkan untuk kebutuhan tersebut. Selain dukungan spesifikasi yang sudah cukup, Samsung juga menyertakan fitur pendukung seperti adanya Game Tools. Disini Samsung menyediakan Game Launcher yang akan menggabungkan game-game yang telah terpasang. Nantinya pengguna juga bisa memanfaatkan fitur untuk mengoptimalkan kinerja game dengan adanya pilihan untuk itu agar bermain jadi lebih nyaman.

Sebagai penunjang smartphone yang bidik para gamer, disertakan baterai dengan kapasitas baterai besar yaitu 5000 mAh. Berdasarkan pengujian PCMark, smartphone ini bertahan hingga 8 jam 6 menit. Namun jika digunakan untuk aktivitas standar tanpa bermain game yang intensif, smartphone masih aman digunakan seharian penuh.

Menariknya, M20 ini sudah menggunakan konektor USB Type-C. Hanya saja, M20 ini belum mendukung fitur pengisian cepat pada baterai (fast charging). Dampaknya, dengan kapasitas baterai yang besar, pengisian baterai sekitar kurang dari 3 jam.

Berdasarkan pengujian, kinerja Galaxy M20 mirip dengan Snapdragon 636. Ini ketika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 5 yang pernah kami uji sebelumnya (lihat tabel). Sedangkan untuk pengujian game, Mobile Legends: Bang Bang bisa dimainkan dengan lancar pada pengaturan grafis tertinggi. Untuk PUBG Mobile yang lebih berat, smartphone masih bisa dimainkan pada pengaturan grafis Balanced, frame rate Low, dan style Classic.

Dua fitur kekinian yang diadopsi Samsung Galaxy M20 yaitu penggunaan notch berukuran kecil dan penggunaan dual kamera utama di bagian belakang.

Beberapa hasil foto yang berhasil ditangkap menggunakan kamera depan dan dua kamera utama.