Find Us On Social Media :

Kaspersky Ungkap 33 Persen Mantan Karyawan Bisa Akses Data Perusahaan

By Adam Rizal, Minggu, 26 Mei 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi Kaspersky Lab

Kaspersky Lab meluncurkan riset 33 persen mantan karyawan yang sudah hengkang dari perusahaan masih memiliki akses dan data perusahaan.

Kaspersky menganggap hal ini bisa berpotensi data dan aset perusahaan berisiko disalahgunakan.

Adanya risiko penyalahgunaan bisa terjadi lantaran pekerja yang tidak lagi berstatus sebagai karyawan aktif tetap tidak terputus dari layanan surel perusahaan, aplikasi pesan instan, hingga dokumen Google.

Head of B2B Product Marketing di Kaspersky Lab Sergey Marstsynkyan mengatakan mantan karyawan juga dapat menggunakan data ini untuk tujuan pribadi di tempat kerja baru.

Bahkan, mantan karyawan secara tidak sengaja bisa menghapus atau merusak data.

Selain itu, pemulihan data akan membutuhkan waktu dan upaya. Padahal seharusnya waktu dan upaya tersebut seharusnya bisa dialokasikan untuk keperluan bisnis yang lebih berharga.

Baca Juga: ASUS ROG Rapture GT-AX11000 Kini Telah Tersedia di Tanah Air

"Data digital yang berantakan dan akses data tidak terkontrol terkadang dapat menyebabkan pelanggaran dan insiden dalam dunia siber, dalam kebanyakan kasus, kemungkinan akan mengakibatkan gangguan dalam pekerjaan di perusahaan, waktu terbuang dan energi terkuras sia-sia akibat memulihkan file yang hilang," kata Sergey dalam keterangan resminya.

Kaspersky mengatakan situasi seperti ini sangat mengkhawatirkan, karena jika aset-aset ini hilang, maka bisa digunakan oleh pelaku kejahatan siber atau kompetitor untuk meraup keuntungan.

Aset-aset yang dimaksud termasuk kekayaan intelektual, data komersial dan dilindungi lainnya serta segala jenis rahasia.

Di antara responden yang disurvei oleh Kaspersky Lab, 72 persen mengaku bekerja dengan dokumen yang berisi berbagai jenis data sensitif.

"Kehati-hatian dalam mengelola hak akses serta menggunakan solusi keamanan bukan hanya untuk melindungi diri dari ancaman siber. Ini adalah jaminan bekerja secara efektif tanpa adanya gangguan," ujar Marstsynkyan.