Find Us On Social Media :

Inilah 10 Tips Ampuh Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik Lebaran

By Adam Rizal, Jumat, 31 Mei 2019 | 13:30 WIB

Inilah 10 Tips Ampuh Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik Lebaran

Jelang momen mudik Lebaran/Idul Fitri 2019, banyak pemudik yang melintasi jalur darat.

Lamanya perjalanan mudik Lebaran kemungkinan bisa membuat baterai ponsel pintar menjadi habis di tengah perjalanan.

Untuk menghindari baterai ponsel pintar yang cepat habis, pengguna pun bisa melakukan berbagai cara, dari menyetop aplikasi yang boros baterai hingga penggunaan aplikasi yang bebas iklan.

Berikut 10 tips menghemat baterai ponsel pintar seperti dikutip Gizmochina :

1. Cek dan setop aplikasi yang paling boros baterai

Ponsel pintar biasanya dibekali dengan sejumlah aplikasi, entah bawaan dari sistem atau yang pengguna pasang (install) sendiri. Aplikasi tersebut bisa menyedot baterai jika digunakan terus-menerus.

Oleh karena itu, cek aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai di masing-masing pengaturan ponsel.

Di ponsel berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power Usage".

Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai. Perlu diingat, masing-masing menu di setiap ponsel pintar mungkin berbeda.

Namun, menu yang seirama dengan fungsi baterai di atas agaknya sudah tersedia di kebanyakan ponsel pintar yang ada saat ini.

2. Turunkan tingkat kecerahan (brightness)

Biasanya kecerahan dari sebuah layar ponsel akan menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di layar. Namun tingkat kecerahan pun dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan membuat daya baterai semakin terhisap. Untuk itu pengguna dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi yang terjadi dan sebaiknya tidak menggunakan kecerahan otomatis karena akan menggunakan sensor cahaya yang menguras baterai pula.