Find Us On Social Media :

Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Dengan Notch dan Empat Kamera

By Dayu Akbar, Jumat, 31 Mei 2019 | 13:58 WIB

Merupakan suksesor dari Redmi Note 5 yang resmi hadir di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan beberapa peningkatan yang sekaligus menjadi daya tariknya. Salah satunya adalah hadirnya kamera depan kedua yang menjadikannya sebagai ponsel pintar pertama Xiaomi dengan empat kamera.

Hal lain yang menjadi pembeda dengan seri sebelumnya adalah bagian atas layar yang menyertakan notch. Notch tersebut merupakan tempat dari dua kamera depan, flash, dan speakerphone. Asyiknya, bila Anda merasa notch itu mengganggu “pemandangan”, Anda bisa menyembunyikannya dengan mengaktifkan fitur Hide Notch.

Seri Note sendiri mengunggulkan ukuran layar yang lebih besar, dan Redmi Note 6 memiliki layar dengan diagonal 6,26 inci. Layar ini memiliki rasio aspek 19:9 dan resolusi FHD+ atau 2.280 x 1.080 piksel. Layar tersebut menggunakan panel IPS dan sudah dilindungi dengan lapisan antigores Corning Gorilla Glass.

Sekilas, bagian belakangnya memiliki desain yang mirip dengan Redmi Note 5. Di sini terdapat dua kamera utama yang disusun secara vertikal, serta sensor sidik jari yang berada di bagian tengah atas sehingga mudah untuk dijangkau jari. Bodinya menggunakan finishing agak kesat yang sayangnya mudah kotor oleh bekas jari atau tangan. Namun, penggunaan jelly case yang sudah disertakan pada paket bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Berbekal dua kamera depan, hasil swafoto memang terasa lebih baik. Hasil foto terlihat lebih cerah dan tajam. Swafoto dengan bokeh juga terlihat lebih rapi. Kamera utamanya juga menghasilkan foto dengan bokeh yang rapi. Hanya saja, AI pada kamera terasa tidak terlalu membantu; hasil foto dengan atau tanpa AI terlihat sama. Selain itu, untuk mendapatkan foto dengan bokeh yang “sempurna”, Anda mesti berada di ruang dengan pencahayaan yang baik.

Sama dengan seri sebelumnya, Redmi Note 6 Pro masih menggunakan SoC Snapdragon 636 yang bertenaga dan hemat energi berkat bantuan technology node 14 nm. Ponsel pintar ini hadir dengan dua pilihan memori utama dan media simpan, yakni 3 GB dan 32 GB serta 4 GB dan 64 GB. Unit yang kami uji memiliki spesifikasi yang pertama. Kinerja yang dihasilkan sudah baik untuk ponsel pintar di kelas menengah ke bawah. Ini terlihat dari kemampuannya yang lancar dalam menjalankan berbagai aktivitas, bahkan multitasking sekalipun.

Mewakili kinerjanya saat bermain gim, kami mencoba menjalankan gim populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, dan Asphalt 9. Semuanya bisa berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis tinggi. Namun, khusus untuk PUBG Mobile, gim tersebut berjalan lancar pada pengaturan Balance.

Seri ini masih mengunggulkan kapasitas baterai besar dengan 4.000 mAh. Aktivitas sehari-hari masih bisa dilakukan tanpa perlu mengisi ulang, mulai dari pagi sampai malam hari. Kecuali jika Anda sering menggunakannya untuk bermain gim atau berlama-lama melakukan streaming YouTube.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 8.1 Oreo dengan antarmuka pengguna MIUI 9 yang bisa diperbarui ke MIUI 10. Bagi yang pernah menggunakan atau akrab dengan ponsel pintar Xiaomi, Anda masih akan menjumpai fitur-fitur khas seperti second space, dual apps, sampai double tap to wake untuk mempertahankan kenyamanan pengguna. Begitu pula dengan fitur yang dari dulu selalu kami sukai, yaitu LED inframerah plus aplikasi yang membuat Redmi Note 6 Pro bisa digunakan sebagai pengganti remote control berbagai perangkat elektronik rumah tangga.

Dua kamera belakang memiliki resolusi 12 MP dan 5 MP, sedangkan dua kamera depan memiliki resolusi 20 MP dan 2 MP.

Kali ini Xiaomi menggunakan kompartemen yang hibrida. Pengguna hanya bisa memasang kartu micro-SD bergantian dengan kartu SIM kedua.