Find Us On Social Media :

Inilah Fitur Baru Whatsapp, Di Antaranya Melindungi Profile Picture

By Adam Rizal, Senin, 3 Juni 2019 | 17:05 WIB

Inilah empat fitur baru Whatsapp

Aplikasi pesan instan WhatsApp sukses menjadi aplikasi pesan populer di dunia selama beberapa tahun terakhir. Saat ini pengguna Whatsapp mencapai 1,5 miliar, lebih tinggi dibanding Facebook Messenger (1,2 miliar pengguna) maupun WeChat (1 miliar pengguna).

Agar pengguna semakin "betah", Whatsapp pun terus melakukan inovasi dan penambahan fitur. Saat ini, setidaknya ada lima fitur baru yang dipersiapkan Whatsapp, tercermin dari versi beta yang digunakan sebagian kecil pengguna.

Berikut adalah lima fitur baru Whatsapp yang semoga bisa segera tersedia bagi seluruh pengguna.

In-App Browser

WABetaInfo melaporkan WhatsApp akan menggulirkan fitur in-app browser alias browser yang terintegrasi. Jadi ketika Anda mengklik sebuah link di jendela percakapan Whatsapp, link tersebut akan terbuka di dalam Whatsapp tanpa harus menggunakan browser lain.

Selain lebih praktis, fasilitas in-app browser ini juga meningkatkan privasi pengguna. Pasalnya situs yang Anda baca di browser tersebut terenkripsi sehingga tidak bisa diakses Whatsapp maupun Facebook.

Dark Mode

Dark mode di Whatsapp

Sekadar mengingatkan, dark mode adalah tampilan aplikasi yang didominasi warna hitam. Dark mode memiliki kelebihan karena lebih nyaman di mata dan mengurangi konsumsi daya smartphone, utamanya untuk smartphone berteknologi OLED dan AMOLED.

Whatsapp sebenarnya sudah mengajukan Dark Mode ke Google Play Store sejak Maret 2019, namun entah mengapa sampai saat ini belum secara resmi dirilis.

WhatsApp Pay

Whatsapp Pay adalah fitur yang memungkinkan transfer dana antar pengguna Whatsapp. Fitur ini sedang diuji coba di India dengan melibatkan satu juta pengguna. Proses uji coba akan berakhir Juli nanti, dan jika tidak menemui kendala berarti, Whatsapp Pay pun akan menyambangi pengguna di negara lain. Namun implementasi Whatsapp Pay memang tidak mungkin serentak secara global, mengingat regulasi keuangan tiap negara yang berbeda.