Find Us On Social Media :

Inilah Fakta Penting dari “Bitcoin” Facebook yang Segera Dirilis

By Wisnu Nugroho, Jumat, 7 Juni 2019 | 17:05 WIB

Facebook akan segera merilis mata uang digital mereka

Facebook kabarnya akan segera meluncurkan uang digital alias cryptocurrency berbasis teknologi blockchain. Seperti diungkap WirtscaftsWoche, white paper dari uang digital Facebook ini akan dirilis 18 Juni ini. 

Sedangkan untuk implementasi resminya, kemungkinan besar akan dilakukan tahun 2020.

Kabar tentang uang digital Facebook memang sudah berhembus sejak tahun lalu. Melalui fitur uang digital ini, Facebook ingin menciptakan sistem finansial berbasis layanan mereka, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Konsep besarnya adalah pengguna Facebook/Instagram/WhatsApp bisa saling mengirim/menerima uang digital dengan mudah, termasuk jika beda negara. Uang digital Facebook ini juga bisa dimanfaatkan untuk transaksi kecil (microtransaction) seperti membeli barang atau makanan; mirip seperti kita menggunakan GoPay atau OVO saat ini.

Berikut adalah beberapa hal penting lain yang perlu Anda ketahui.

1. Uang digital sendiri

Uang digital Facebook ini adalah ciptaan Facebook sendiri, jadi bukan berbasis uang digital yang sudah ada seperti Bitcoin atau Ethereum. Secara operasional, Facebook juga akan mengelola sendiri peredaran uang digital ini. Nama uang digital ini sendiri belum ada, namun beberapa nama yang berhembus adalah GlobalCoin dan Libra.

2. Uang digital Facebook tidak akan “seliar” Bitcoin

Salah satu masalah utama di cryptocurrency seperti Bitcoin adalah nilainya yang bisa naik-turun dengan fluktuatif. Namun Facebook menjamin, uang digital mereka tidak akan “liar” seperti itu.

Untuk menjamin nilai mata uangnya, Facebook akan melakukan beberapa cara. Yang pertama adalah menyediakan dana sebesar US$1 miliar yang akan ditempatkan di berbagai institusi finansial. Dana itu berfungsi seperti jaminan untuk menjamin kestabilan nilai uang digital Facebook.

Cara kedua adalah jaringan blockchain untuk mata uang ini juga tertutup dan terbatas, tidak bebas seperti Blockchain.

3. Biaya Transaksi Gratis

Dalam usaha mempopulerkan uang digital ini, Facebook tidak akan mengutip biaya transaksi; setidaknya di awal. Kalaupun ada biaya, Facebook akan mematok nilai jauh di bawah biaya transfer antar bank atau antar negara yang berlaku saat ini.

Facebook juga menjanjikan insentif menarik bagi penjual atau pemilik toko untuk mengadopsi mata uang ini.

4. Facebook juga akan sediakan ATM

Idealnya, uang digital Facebook ini akan beredar secara digital pula. Misalnya ketika Anda mendapat transfer dari teman via Facebook, uang digital itu akan Anda gunakan membayar transaksi di bubur ayam langganan via Whatsapp.

Namun Facebook juga membuka kemungkinan untuk menyediakan ATM khusus sehingga uang digital tersebut dapat diuangkan ke Rupiah atau mata uang lain.