Find Us On Social Media :

4 dari 10 Karyawan Mengaku Tidak Sengaja Mengakses Informasi Koleganya

By Rafki Fachrizal, Selasa, 11 Juni 2019 | 10:00 WIB

Ilustrasi Karyawan di Sebuah Perusahaan

Seperti kata dari sebuah pepatah, "data adalah uang". Bahkan, secara harfiah pepatah ini seperti contoh kasus - ketika seseorang tidak sengaja menemukan spreadsheet dengan rincian upah rekan-rekan kerja mereka di dalamnya.

Dalam survei terbaru yang dirilis Kaspersky, terbukti bahwa hampir empat dari sepuluh karyawan (37%) mengaku secara tidak sengaja mengakses informasi rahasia tentang kolega mereka - seperti informasi upah dan bonus.

Rincian informasi mengenai upah karyawan hanyalah salah satu contoh data pribadi sensitif yang berada di server perusahaan saat ini.

Jika bocor di depan umum karena kurangnya pertimbangan keamanan dan akses, itu tidak hanya dapat merusak semangat kerja tim tetapi juga menyebabkan konsekuensi lebih berbahaya seperti kemungkinan serangan siber, denda regulasi untuk pelanggaran perlindungan data, dan tuntutan hukum dari karyawan yang terkena dampak.

Baca Juga: Kaspersky Ungkap 33 Persen Mantan Karyawan Bisa Akses Data Perusahaan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan data pekerjaan dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang adalah kurang dari setengah (43%) karyawan secara berkala memeriksa dan mengubah hak akses dokumen bersama atau layanan kerja koorasi yang mereka gunakan.

Setiap kali seseorang meninggalkan perusahaan atau transit ke departemen lain dalam perusahaan yang sama, sangat penting bagi mereka untuk segera mengubah akses ke pihak yang baru.

Karena jika tidak, itu dapat menciptakan risiko bagi perusahaan dan orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Ini hanya sebagian dari masalah besarnya yang disebut 'kekacauan digital (digital clutter)' yang berarti proliferasi yang tidak terkendali dan berbagi file maupun dokumen yang disimpan tanpa ada tindakan pencegahan lebih lanjut.

Kurangnya prosedur dan kebijakan yang berlaku untuk mengatur tatanan digital dapat menyebabkan ketidakjelasan tanggung jawab dan ketidakpedulian umum di antara karyawan mengenai aliran dokumen baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Menurut laporan tersebut pula, bahkan diketahui hanya sepertiga karyawan (29%) yang tahu persis apa yang disimpan dalam setiap dokumen bersama atau akses kepada layanan kerja koorasi.

Baca Juga: Inilah Fakta Menarik Mengenai Aktivitas Online Karyawan di Kantor