Find Us On Social Media :

Amazon Personalize, Cara Mudah dan Cepat Aplikasikan Machine Learning

By Liana Threestayanti, Kamis, 13 Juni 2019 | 19:00 WIB

AWS mengumumkan ketersediaan Amazon Personalize.

AWS mengumumkan ketersediaan Amazon Personalize untuk memudahkan pelanggan memanfaatkan kemampuan machine learning secara instan.

Setelah diperkenalkan di ajang AWS re:Invent bulan November tahun lalu, Amazon Personalize telah tersedia di beberapa region, termasuk region Asia Pasifik.

Amazon Personalize merupakan layanan machine learning yang memudahkan para developer menambahkan model machine learning ke aplikasi yang mereka kembangkan, misalnya untuk rekomendasi produk yang lebih personal, hasil pencarian, dan direct marketing. Yang menarik adalah untuk melakukan itu, para developer tidak harus memiliki pengalaman menggunakan machine learning.

“Kami gembira dapat berbagi keahlian machine learning yang telah kami bangun selama dua dekade untuk memberikan pengalaman terbaik di Amazon.com. Pelanggan meminta Amazon Personalize dan kami sangat ingin melihat mereka mengimplentasikan layanan ini untuk menyenangkan pelanggannya. Dan hal terbaiknya adalah layanan artificial intelligence, seperti Amazon Personalize, tidak mensyaratkan pengalaman menggunakan machine learning untuk segera melatih, melakukan penyesuaian, dan men-deploy model-model AI untuk memenuhi permintaan bisnis,” papar Swami Sivasubramanian, VP Machine Learning, AWS seperti dikutip dari Techradar.com.

Layanan ini dikembangkan berdasarkan teknologi machine learning yang diterapkan di Amazon.com selama bertahun-tahun. Menggunakan Amazon Personalize seperti memiliki tim personalisasi machine learning Amazon.com yang siap membantu selama 24 jam.

Layanan ini akan memroses dan menguji data, mengidentifikasi data mana yang bermakna, memilih algoritma yang tepat, melatih dan mengoptimalkan model personalisasi yang telah disesuaikan dengan data yang diumpankan ke layanan.  Tak perlu khawatir juga dengan isu keamanan, karena AWS menjamin keamanan dan privasi semua data yang dianalisis oleh Amazon Personalize.  

Yamaha Corporation Amerika, Subway, Zola, dan Segment termasuk di antara pelanggan AWS yang telah memanfaatkan Amazon Personalize. Menurut Direktur Teknologi Informasi Yamaha Corporation of America, Ishwar Bharbhari, layanan Amazon Personalize membantu perusahaan menghemat 60% dari waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan dan menyetel sendiri infrastruktur dan algoritme untuk model machine learning.

Untuk saat ini, Amazon Personalize baru tersedia untuk pengguna AWS di tiga region AS: Timur (Ohio), Timur (Virginia Utara), dan Barat (Oregon); dua region Asia Pasifik (Tokyo dan Singapura); dan Irlandia. AWS menjanjikan ketersediaan layanan ini di lebih banyak region secepatnya.  

Bagaimana dengan harganya? Menurut informasi yang dilansir Techradar.com dan Techcrunch.com, pelanggan akan dikenai biaya lima sen (dollar Amerika) per gigabyte data yang diunggah ke Amazon Personalize dan 24 sen per training hour yang digunakan untuk melatih  satu model machine learning. Untuk permintaan real-time recommendation, pelanggan akan dikenai biaya berdasarkan berapa banyak yang diunggah, tentunya ada potongan harga untuk order yang lebih besar.

Di laman web AWS, ada tiga contoh penggunaan Amazon Personalize.

Rekomendasi Personal

Amazon Personalize membantu aplikasi dan situs web menyesuaikan konten dengan perilaku, informasi historis, dan preferensi pengguna. Spuul, penyedia konten film dan program TV India, memanfaatkan layanan ini untuk menyajikan konten yang paling relevan untuk pelanggannya.