Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy A30: Dual Kamera untuk Bokeh dan Ultra Wide

By Dayu Akbar, Minggu, 16 Juni 2019 | 08:00 WIB

Setelah sebelumnya meluncurkan seri M, Samsung juga menghadirkan varian terbaru dari Galaxy A Series yang terdiri dari Galaxy A50, A30, A20 dan A10. Dan kali ini kami berkesempatan menguji seri Galaxy A30 yang secara spesifikasi, A30 ini menggunakan chip yang sama dengan Galaxy M20 yang pernah kami uji sebelumnya.

Menggunakan chip Exynos 7904 octa-core dengan GPU Mali-G71 MP2, Galaxy A30 bisa menjadi pesaing terdekat dari kompetitor yang menggunakan Snapdragon 636. Meski secara spesifikasi mirip, namun posisi seri A berada di atas seri M yang artinya Galaxy A30 tetap lebih unggul dalam beberapa hal dibanding Galaxy M20.

Salah satunya bisa terlihat dari sisi desain yang terlihat sedikit lebih mewah. Bagian belakang menampilkan efek kilauan dinamis, beda dengan M20 yang bermotif glossy namun warnanya yang datar. Untuk materialnya masih sama berbahan plastik polycarbonate.

Dari sisi layar juga demikian, Galaxy A30 sudah menggunakan panel Super AMOLED dengan tampilan yang lebih cerah dan tajam dan sudah terlindungi dengan Gorilla Glass 3. Ukuran layarnya 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixels dengan aspek rasio 19.5:9. Tidak ketinggalan, Samsung juga mulai mengadopsi tren penggunaan notch yang kali ini memiliki desain sedikit berbeda. Jika Galaxy M20 menggunakan notch dengan desain infinity-V, maka Galaxy A30 dibekali infinity-U dengan bentuk notch yang agar membulat, mirip huruf U.

Galaxy A30 memiliki dual kamera utama dengan resolusi masing-masing 16 MP dan 5 MP. Unggulkan kemampuan foto dalam kondisi low-light, lensa pertamanya memiliki bukaan aperture lebih lebar yaitu f/1.7. Untuk lensa kedua, fungsinya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh serta mengaktifkan fitur wide-screen yang mampu menangkap latar lebih luas hingga 123 derajat.

Hasil pengujian yang kami lakukan, tangkapan foto malam hari mampu menghasilkan efek cahaya yang lebih dramatis dan terang. Untuk foto bokehnya sendiri terlihat rapi dan halus. Sedangkan pada mode wide-screen, tangkapan video atau foto memang jadi lebih jauh meski detailnya tidak sebaik mode standar.

Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP, dua kali lipat dibanding M20. Hasilnya tajam dan lebih terang saat kondisi kurang cahaya. Percobaan efek bokeh pada foto selfie juga cukup bagus dan halus. Oiya, efek bokeh ini bisa diatur tingkat keburamannya. Anda bisa mengubahnya meski hasil foto sudah dibuat. Tersedia pengaturan mulai dari tingkat paling buram dengan skala 7 sampai normal.

Untuk baterainya, A30 memiliki kapasitas 4000 mAh yang lebih kecil dibanding M20. Meski demikian, pada pengujian yang kami lakukan menggunakan PCMark for Android – Battery life, A30 mampu bertahan hingga 10 jam lebih dimana M20 hanya sampai 8 jam lebih. Sepertinya efisiensi penggunaan daya pada layar ikut berpengaruh dimana Super AMOLED memang lebih irit dibanding LCD yang digunakan M20. Baterainya sendiri sudah mendukung fitur pengisian cepat 15 Watt Adaptive Fast Charging dan sudah menyertakan charger adapter dengan fitur ini pada paket penjualan.

Bagi yang suka bermain game, spesifikasi yang digunakan sudah cukup untuk itu. Beberapa game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Free Fire, Ashpalt 9: Legends, masih bisa berjalan mulus dengan pengaturan grafis yang disesuaikan.

Lensa bagian atas memiliki resolusi 5 MP dengan kemampuan menangkap gambar pada mode ultra wide sedangkan lensa bagian bawah memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan lebar yaitu f/1.7.

Beberapa hasil foto yang berhasil ditangkap menggunakan kamera depan dan dua kamera utama.