Find Us On Social Media :

Siapa Bilang Wifi Kantor Aman dari Serangan Siber? Nyatanya Tidak Loh

By Rafki Fachrizal, Senin, 17 Juni 2019 | 14:00 WIB

Ilustrasi Pengguna Wifi di Kantor

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang suka menggunakan jaringan Wifi di kantor? Jika iya, sebaiknya berhati-hati karena jaringan di lingkungan ini rentan terhadap serangan siber.

Hasil penelitian terbaru Kaspersky mengungkapkan bahwa tidak semua perusahaan saat ini menggunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk jaringan nirkabel mereka.

Bahkan, faktanya tidak begitu banyak pula perusahaan yang membatasi kekuatan sinyal Wifi untuk mencegah koneksi jaringan di luar kantor.

Padahal, langkah kecil tersebut sebenarnya menjadi pencegahan sederhana dari serangan potensial yang berkeliaran di dekat kantor yang mencoba masuk ke jaringan perusahaan melalui koneksi Wifi.

Diketahui, melakukan serangan kamus sederhana pada login router hanyalah membutuhkan waktu beberapa detik.

Sedangkan meretas kombinasi kata sandi yang rumit membutuhkan lebih banyak waktu, kecuali jika penyerang sedang terburu-buru, maka upaya lebih dapat ia lakukan.

Namun, itu tidak selalu diperlukan, karena hanya dengan beberapa router, seorang pelaku kejahatan siber dapat dengan mudah menggunakan kerentanan dalam firmware.

Dari penelitian ini, Kaspersky juga mendapati masih banyaknya perusahaan yang tidak menginstalasi patch pada waktu yang tepat, terutama jika melibatkan reflashing firmware ketika melakukannya.

Jaringan yang Berbeda

Selain itu, dari penelitian ini diketahui pula bahwa sudah banyak perusahaan yang menggunakan jaringan Wifi yang berbeda untuk karyawan dan tamu.

Ini adalah pencegahan yang masuk akal: di satu sisi, para pelanggan dan pengunjung lainnya dapat terhubung ke internet kantor; di sisi lain, mereka tidak akan memiliki akses ke jaringan perusahaan dan sumber daya internal.

Namun nyatanya, jaringan Wifi tamu ini berpotensi merugikan perusahaan.