Find Us On Social Media :

AS Lancarkan Serangan Siber ke Instalasi Listrik Rusia, Ini Buktinya

By Adam Rizal, Senin, 17 Juni 2019 | 15:30 WIB

AS Lancarkan Serangan Siber ke Instalasi Listrik Rusia, Ini Buktinya

United States Cyber Command diklaim telah melancarkan sejumlah serangan siber terhadap infrastruktur listrik milik Rusia selama beberapa bulan ke belakang.

Rusia mengetahui serangan siber itu berasal dari AS karena ada baris-baris kode komputer AS di berbagai instalasi listrik Rusia dan sejumlah target lain.

Seorang sumber yang tak disebut namanya mengungkapkan AS bisa lebih agresif melancarkan serangan siber dalam beberapa hari ke depan. Tentunya itu bisa memicu perang siber antar kedua negara tersebut.

Sebenarnya, AS sudah mulai melancarkan siber ke instalasi listrik Rusia sejak 2012. Jumlah seragan itu meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, yaitu dengan menyusupkan malware ke dalam sistem Rusia, dengan kedalaman dan agresivitas yang sangat tinggi.

Seorang sumber intelijen lain menyebut kalau serangan ini sudah sangat jauh lebih agresif ketimbang serangan-serangan sebelumnya seperti dikutip Engadget.

Serangan siber itu adalah bagian dari langkah yang diambil pemerintah AS di bawah presiden Donald Trump untuk menghalangi adanya serangan siber potensial terhadap AS, yaitu dengan menunjukkan kalau mereka pun bisa melakukan serangan siber.