Find Us On Social Media :

LinkedIn: 3 Rising Skills Asia Pasifik Pengaruhi Inovasi di Indonesia

By Liana Threestayanti, Senin, 24 Juni 2019 | 17:30 WIB

LinkedIn mengidentifikasi 10 rising skills di Asia Pasifik, tiga di antaranya memengaruhi inovasi dan transformasi di Indonesia

LinkedIn mengidentifikasi 10 rising skills (keterampilan yang makin populer) di antara anggota LinkedIn di Asia Pasifik. Tiga di antaranya memengaruhi inovasi dan transformasi di Indonesia.

Sepuluh keterampilan yang mulai banyak dicari ini diidentifikasi dengan melihat keterampilan atau skill apa yang paling banyak dipilih anggota LinkedIn dalam lima tahun belakangan ini, dari bulan per bulannya. Hasilnya menjadi salah temuan yang dipaparkan LinkedIn dalam laporan berjudul Future of Skills 2019.

Sebagian bagian dari laporan ini, LinkedIn juga melakukan riset mengenai kesiapan karyawan dalam menghadapi tenaga kerja masa depan dan bagaimana profesional di bidang Learning & Development (Pembelajaran & Pengembangan) menanggapi transformasi keterampilan tersebut.

Mayoritas rising skills di Asia Pasifik didominasi oleh keterampilan yang berhubungan dengan teknologi. Tentu bukan hal yang mengherankan karena saat ini industri tradisional sedang dalam tahap mengadopsi teknologi baru dan melakukan transformasi digital untuk meningkatkan operasional serta memperkenalkan produk dan layanan baru.

Rising skills ini dapat digunakan sebagai rambu bagi perusahaan untuk menentukan bagaimana industri dapat berinovasi dan bertransformasi, serta membantu karyawan mereka mengatasi laju perubahan melalui peningkatan keterampilan. 

Dalam laporan Future of Skills 2019, LinkedIn juga memaparkan bahwa Indonesia memiliki 3 (tiga) rising skills dari para pekerja profesional yang memengaruhi inovasi serta transformasi perusahaan tempat mereka bekerja.

Peningkatan keterampilan ini didominasi oleh pertumbuhan teknologi, tapi beberapa keterampilan di luar teknologi juga masih terlihat menonjol. Ketiga keterampilan tersebut adalah Social Media Marketing (pemasaran melalui media social); Human-Centered Design (desain yang memfokuskan pada manusia); dan Gesture Recognition Technology (teknologi pengenal gerak isyarat).

Peningkatan Keterampilan

Apa yang dilakukan oleh karyawan dengan keterampilan ini?

Contoh pekerjaan yang menggunakan keterampilan ini

Social Media Marketing

Mempromosikan produk ataupun jasa melalui platform media sosial untuk mencapai tujuan perusahaan