Find Us On Social Media :

Nih! Enam Marketplace Indonesia yang Pernah Melakukan Rebranding

By Rafki Fachrizal, Senin, 24 Juni 2019 | 18:00 WIB

Ilustrasi Rebranding

Melakukan rebranding atau perubahan identitas perusahaan memang bukanlah perkara yang mudah, terutama jika perusahaan tersebut sudah memiliki banyak pelanggan yang sangat loyal.

Rebranding sendiri banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di dunia dengan mengubah total atau memperbaharui sebuah merek yang sudah ada dengan tujuan agar bisnis di dalamnya menjadi lebih baik.

Berbicara mengenai rebranding, di Indonesia sendiri sudah cukup banyak perusahaan yang melakukannya.

Mulai dari startup hingga perusahaan yang sudah besar, rebranding dilakukan dengan berbagai alasan seperti terkait finansial, pergantian manajemen atau pimpinan perusahaan, hingga karena adanya merger.

Berikut ini adalah beberapa startup dan perusahaan di Indonesia yang pernah melakukan rebranding. Silahkan disimak!

1. Tokobagus.com dan Berniaga.com Menjadi OLX.co.id

Ilustrasi OLX.co.id

Sebelum menjamurnya Marketplace seperti saat ini, Tokobagus.com dan Berniaga.com adalah dua platform yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia ketika ingin melakukan transaksi jual-beli barang secara daring.

Setelah keduanya cukup lama bersaing di ranah bisnis yang sama, secara mengejutkan pada tahun 2014 kedua platform ini resmi menjadi satu dan berubah nama menjadi OLX.co.id.

Lebih jauh, penggunaan nama OLX.co.id sendiri dilakukan setelah Tokobagus.com dibeli oleh Naspers, perusahaan pemilik merek dari OLX (Online eXchange).

Sementara, merger dengan Berniaga.com dilakukan setelah adanya kesepakatan antara Naspers dan investor Berniaga.com, yaitu 701 Search.

Baca Juga: Biaya Operasional GPS Mencapai Rp.54 miliar/Hari. Siapa yang Membayar?