Find Us On Social Media :

Review Canon PIXMA TS8270: Multifungsi yang Bisa Cetak Stiker Kuku

By Dayu Akbar, Selasa, 25 Juni 2019 | 08:30 WIB

Sekilas, Canon PIXMA TS8270 mirip dengan printer multifungsi lainnya. Selain sebagai printer, perangkat ini juga memiliki fungsi sebagai pemindai (scanner) serta pengganda dokumen (foto copy). Tapi ada satu fungsinya yang unik dan cukup menarik, khususnya bagi para wanita, yaitu untuk mencetak hiasan pada stiker kuku.

Bicara fisik, perangkat ini memiliki dimensi yang terbilang standar dan cukup kompak untuk printer multifungsi dengan ukuran kertas A4. Untuk mengendaliannya, terdapat panel di bagian depan yang bisa diatur dengan cara ditekuk ke atas. Pada panel tersebut terdapat tombol fisik Power serta layar LCD warna berukuran 4,3 inci berbasis layar sentuh yang cukup responsif.

Dari layar ini, pengguna bisa melakukan berbagai pengaturan serta menjalankan fungsi untuk memindai serta menggandakan dokumen. Perangkat ini mendukung koneksi kabel melalui port USB dan nirkabel yang dukung koneksi WiFi dan bluetooth. Tersedia pula slot card reader yang ingin mencetak langsung tanpa perlu terhubung ke komputer atau laptop terlebih dahulu. Sedangkan untuk memindai dan menggandakan dokumen dilakukan dari flatbed.

Perangkat ini menyediakan tiga pilihan penampung kertas. Baki bagian belakang dan kaset yang sama-sama mendukung kertas A4 dan Letter hingga 100 kertas, serta tray multiguna yang menampung kertas khusus untuk stiker kuku dengan daya tampung satu lembar.

Untuk mencetak hiasan kuku, diperlukan kertas khusus yaitu printable nail stickers yang mesti dibeli terpisah. Bagi yang pertama kali mencoba, proses cetak melalui tray multiguna memang agak berbeda dan membingungkan. Tray ini ditempatkan dibawah rak output, ambil tray dan masukkan kertas khusus. Lalu pasang tray tersebut dibagian atas rak output (dan bukan ditempat semula). Selanjutnya lakukan pencetakan dari aplikasi Android Nail Sticker Creator. Ya, untuk mencetak stiker kuku, memang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Android saja.

Sedangkan untuk fungsi cetak, pindai, dan gandakan dokumen, bisa dilakukan dari komputer/laptop atau dari smartphone. Khusus untuk smartphone Android, pengguna bisa menggunakan aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY yang bisa didapat dari App Store maupun Google Play.

Asiknya, koneksi direct print tidak hanya bisa dilakukan melalui WiFi saja tetapi juga bluetooth. Ini membuat koneksi ke internet dan ke printer bisa dilakukan bersamaan sehingga lebih mudah dan praktis. Meski demikian ini hanya berlaku pada aplikasi dari Canon PRINT Inkjet/SELPHY sedangkan pada aplikasi Nail Sticker Creator, koneksi nirkabel hanya berlaku menggunakan koneksi WiFi.

Dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan saat mencetak, printer ini memiliki banyak sensor. Misalnya dalam hal ketersediaan kertas, printer akan mendeteksi apakah sudah terpasang kertas dengan benar dan sesuai ukuran pada masing-masing penampung kertas. Jika baki kosong atau ukuran kertas tidak sesuai, maka akan ditampilkan informasi pada layar panel beserta hal yang mesti dilakukan. Begitu pula dengan informasi lainnya, seperti kapasitas tinta yang menipis atau kesalahan lain yang langsung dicarikan solusinya dengan menampilkan pesan yang informatif.

Cetak, pindai, dan gandakan dokumen secara nirkabel bisa melalui aplikasi aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY, sedangkan untuk stiker kuku bisa menggunakan aplikasi Nail Sticker Creator.

Cetak kuku dilakukan melalui tray mutiguna dan menggunakan kertas khusus printable nail stickers yang dijual secara terpisah.

Kesimpulan