Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Tertipu!, Ini Modus Serangan Siber "Phising"

By Adam Rizal, Kamis, 11 Juli 2019 | 17:00 WIB

Tips Tangkis Serangan Phising yang Incar Korporasi ala F5 Networks

Para penjahat siber kerap menggunakan modus phising untuk menjebak korbannya dan mengambil data-data penting.

Modus phising sendiri adalah ketika seseorang berpura-pura jadi orang lain dan berusaha mengelabui hingga korban menyerahkan informasi data pribadi.

Teknik serangan phising terdiri dari beragam bentuk, meliputi pesan teks, surel, profil media sosial, post atau situs web palsu.

Biasanya penipu akan mengirim pesan seolah berasal dari perusahaan ternama atau pura-pura jadi orang yang Anda kenal agar Anda memberikan kata sandi atau nomor kartu kredit.

Facebook New memberikan beberapa modus phishing sehingga Anda bisa terhindar dari penipuan.

1. Harga rendah dalam waktu yang terbatas

Tawaran diskon menarik berpotensi mengandung tautan ke peritel online palsu. Jika di-klik, Anda diarahkan ke situs web palsu atau dibuat mengunduh malware yang mencuri informasi.

Pesan phishing itu meminta Anda segera memberikan data pribadi seperti kata sandi dan nomor kartu kredit.

2. Saya sangat membutuhkan pertolongan Anda!

Seseorang mengaku sebagai salah satu kerabat atau teman dan mengatakan dia sedang dalam masalah dan membutuhkan dana. Ketika Anda membalas pesan tersebut, penipu akan memanfaatkan kebaikan Anda dan memancing untuk mengirimkan uang atau memberikan data pribadi.

3. Anda sangat menawan!

Seseorang mengirimkan Anda pesan romantis dengan harapan untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Akhir dari taktik ini untuk membuat Anda mengirimkan mereka uang.