Find Us On Social Media :

Melirik Fitur Fingerprint Canggih di Smartphone Samsung S10 Series

By Rafki Fachrizal, Jumat, 12 Juli 2019 | 10:21 WIB

Samsung S10 menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi ultrasonic fingerprint scanner.

Seperti kita ketahui, hampir sebagian besar smartphone masa kini telah dibekali dengan fitur keamanan yang canggih seperti fingerprint scanner (pemindai jari) dan face lock (pemindai wajah).

Dengan fitur teknologi keamanan ini, pengguna menjadi lebih mudah dan cepat ketika ingin mengakses menu utama yang ada di smartphone-nya.

Nah, berbicara mengenai fitur keamanan canggih di smartphone, untuk fingerprint sendiri kini sudah ada inovasi terbarunya loh.

Inovasi dari fitur ini disebut in-display fingerprint scanner (pemindai sidik jari di layar). Berbeda dengan fingerprint berbasis optik (yang biasanya terletak di belakang smartphone), fitur ini bekerja berkat sensor yang ditanam di dalam layar smartphone.

Oh ya, bahkan yang terbarunya fitur ini juga sudah ada menggunakan sensor dengan teknologi ultrasonic 3D. Hebat bukan?

Untuk fitur fingerprint dengan teknologi ultrasonic, fitur ini bekerja dengan cara memantulkan gelombang suara dari permukaan kulit jari pengguna ke layar smartphone.

Boleh dibilang, teknologi sensor ini mirip seperti alat pencitraan ultrasound yang biasa dipakai di banyak rumah rumah sakit.

Fitur keamanan terbaru ini pun diklaim lebih aman, mudah, dan cepat. Pasalnya, sensor ultrasonic mampu membaca permukaan kulit pengguna smartphone dalam bentuk 3D, tidak sebatas bentuk 2D yang hanya bisa dilakukan fitur fingerprint berbasis optik.

Menjadi yang Pertama

Sebelumnya kita sudah membahas sedikit mengenai fitur in-display fingerprint scanner dengan teknologi ultrasonic 3D. Lantas, apakah sudah ada smartphone yang memiliki fitur demikian? Jawabannya ya.

Saat ini, smartphone yang sudah memiliki keamanan canggih tersebut adalah Samsung S10 Series yaitu Galaxy 10 dan Galaxy S10+. Sedangkanuntuk Galaxy S10e, fitur fingerprint terletak di sisi kiri smartphone ini.

Yang menariknya, Samsung merupakan pabrikan smartphone pertama yang menggunakan fitur ini yang langsung diimplementasikan pada varian smartphone kelas flagship besutannya.