Find Us On Social Media :

Inilah Fakta dari Mate 20 X, Ponsel 5G Pertama Besutan Huawei

By Adam Rizal, Senin, 15 Juli 2019 | 14:00 WIB

Ilustrasi Huawei Mate 20 X

Nasib Huawei dengan mitra bisnisnnya di AS memang masih terkatung-katung. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkah vendor ponsel China itu untuk meluncurkan ponsel 5G pertamanya secara komersil.

Kabarnya, Huawei berencana meluncurkan ponsel 5G perdananya, yakni Mate 20 X pada 26 Juli mendatang.

Salah seorang sumber dalam mengumbar informasi tersebut. Huawei Mate 20 X akan dirilis di markas besar Huawei di Shenzen, Provinsi Guangdong, China.

Dengan begitu, Huawei akan merapatkan barisan bersama vendor smartphone lain seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo yang lebih dulu meluncurkan ponsel 5G pertama masing-masing.

Peluncuran ponsel 5G Huawei baru dilakukan setelah pemerintah China memberikan lampu hijau pada perusahaan telekomunikasi BUMN setempat, untuk menggulirkan layanan 5G pada bulan lalu.

"Peluncuran Huawei Mate 20 X akan mempercepat pertumbuhan pasar 5G di China, yang merupakan pasar smartphone terbesar," ujar James Yan, periset Counterpoint Beijing.

Hal itu disebut Yan akan mengarahkan konsumen teknologi 5G menjadi lebih besar, dan menopang lebih banyak peluang di sektor rantai pasokan dan aplikasi.

Huawei mengklaim, Mate 20 X adalah smartphone pertama China yang mengantongi lisensi jaringan 5G.

Itu artinya, pembeli akan bisa langsung merasakan betapa cepatnya konektivitas internet generasi kelima itu setelah membeli Mate 20 X seperti dilansir Gadgets Now.

Baca Juga: Mengapa Laptop Lenovo Ideapad 130 Cocok untuk Pelajar di Indonesia?

Kecepatan koneksi 5G bisa 10 hingga 100 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G LTE. Kota Beijing disebut telah membangun 4.300 menara BTS 5G di titik area urban dan bangunan ikonik di sana.

Spesifikasi Huawei Mate 20 X soal spesifikasi, Mate 20 X akan ditenagai chipset Kirin besutan Huawei sendiri.