Find Us On Social Media :

Kolaborasi Pemdaprov Jawa Barat dan Blibli.com, Komitmen Majukan UMKM

By Liana Threestayanti, Senin, 15 Juli 2019 | 11:48 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto usai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemdaprov Jawa Barat dengan PT Global Digital Niaga yang menaungi Blibli.com terkait Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/7). Blibli.com sudah membantu 3.000 UMKM Jawa Barat untuk go online pada kuartal II 2019 atau naik 125% dari tahun sebelumnya.

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat menggandeng e-commerce karya anak bangsa, Blibli.com, dalam upaya terus mewujudkan komitmennya untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilar pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Global Digital Niaga yang menaungi Blibli.com terkait Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Dalam menggerakan roda pembangunan di Jawa Barat, Pemdaprov menerapkan konsep Penta Helix di mana Akademisi, Business, Community, Government, dan Media (A-B-C-G-M) berkolaborasi. “Kita sekarang adalah contoh B dan G bersatu menghasilkan sebuah perubahan,” ujar Ridwan Kamila atau Emil.

Emil berkeyakinan bahwa dengan kolaborasi, pembangunan di Jawa Barat akan lebih optimal. “Cita-citanya sudah sama, agar Indonesia adil makmur maju bersama. Saya selalu percaya teori kolaborasi, tidak percaya maju bisa cepat bila sendiri-sendiri,” ujarnya lagi.

Bantu 3000 UMKM Go Online

Dalam kesempatan yang sama, Emil mengungkapkan beberapa kelemahan masyarakat Jawa Barat dalam berwirausaha. Menurutnya, masyarakat Jawa Barat, khususnya pemuda mempunyai ide dan gagasan, tetapi tidak semua mampu mengeksekusi ide dan gagasan tersebut. Selain itu, kata Emil, ada masyarakat Jawa Barat yang berupaya merealisasikan ide dan gagasannya dalam berwirausaha, tetapi gagal karena kurang wawasan.

“Kelemahan anak-anak kita itu dia punya ide, tapi tidak semua bisa take off. Ada yang take off, tidak mengerti online, tidak mengerti maintenance dan akhirnya gagal, itu banyak sekali,” cerita Emil. Oleh karena itu ia berharap Blibli.com nantinya dapat membuat forum untuk membimbing mereka yang punya ide bagus tapi tidak punya kemampuan memulai sebuah bisnis.

Dengan alasan itu, Pemdaprov Jawa Barat mencanangkan kebijakan dan program untuk mengembangkan industri UMKM dengan fokus utama pada edukasi, permodalan, infrastruktur dan juga teknologi digital di era Industry 4.0.

Kebijakan tersebut sejalan dengan Blibli.com yang memiliki komitmen tinggi terhadap pengembangan UMKM dan produk lokal buatan anak bangsa. Sejauh ini, Blibli.com sudah membantu 3.000 UMKM Jawa Barat untuk go online pada kuartal II 2019 atau naik 125% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat pun mencapai lebih dari 100 ribu produk. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 120% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Dua Inisiatif Blibli

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menuturkan, Pemdaprov Jawa Barat dan Blibli.com memiliki misi yang sama dalam mengembangkan UMKM, yang mana dalam realisasinya tidak bisa berjalan sendiri, melainkan membutuhkan kerja sama dari semua stakeholder, termasuk pemerintah.

“Kami dari Blibli.com merasa terhormat atas kepercayaannya dan juga kerja sama dengan seluruh instansi Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kita mempunyai misi yang sama untuk pengembangan ekonomi digital, dan juga ingin terus membawa UMKM ini menjadi salah satu pilar perkembangan ekonomi di Indonesia,” katanya.

Kusumo berharap, MoU tersebut menjadi langkah awal kolaborasi bersama Pemdaprov Jabar yang lebih baik. Menurutnya, ada banyak program Pemdaprov Jawa Barat yang bisa disinergikan dengan program milik Blibli.com. “Satu hari mimpi kami adalah membawa UMKM, mudah-mudahan dari Jawa Barat terlebih dahulu, ke pasar global,” katanya.

Blibli.com mendukung UMKM melalui dua inisiatif utama, yaitu The Big Start dan Galeri Indonesia. Pada tahun ini, The Big Start menyediakan total hadiah sebesar Rp1,3 miliar yang bisa digunakan sebagai model pengembangan usaha, memberikan berbagai pelatihan, workshop, membuka kesempatan networking, serta kolaborasi dengan profesional di bidangnya.

Sesudah The Big Start, para pengusaha kreatif akan mendapat dukungan lanjutan melalui Galeri Indonesia, kategori khusus di platform Blibli.com bagi produk pengusaha lokal. Tidak sekadar menghubungkan UMKM ke ekosistem e-commerce, Galeri Indonesia juga memberikan pengetahuan tentang kemampuan bisnis bagi UMKM.

Melalui roadshow The Big Start di Bandung, Blibli.com sebagai perusahaan e-commerce lokal kembali mengukuhkan kemitraan yang selama ini sudah terjalin dengan Pemdaprov Jawa Barat dalam mendorong kemajuan UMKM di pasar lokal, bahkan masuk ke pasar internasional.