Find Us On Social Media :

Kesalahan Sistem Bikin Saldo Nasabahnya Ludes, Ini Penjelasan Resmi Bank Mandiri

By Adam Rizal, Sabtu, 20 Juli 2019 | 11:47 WIB

Kesalahan Sistem Bikin Saldo Nasabah Bank Mandiri Ludes

Sejumlah nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengeluhkan saldo rekeningnya yang berubah drastis, ada nasabah yang mengeluhkan saldonya berkurang bahkan menjadi nol, bahkan ada juga yang bertambah drastis.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan telah terjadi gangguan sistem di bank Mandiri.

"Data nasabah Mandiri ada yang berubah di rekening karena proses back office ada yang terganggu," kata Tiko.

Ia menjamin saldo nasabah akan kembali normal seperti semula dan meminta nasabahnya untuk tetap tenang.

"Pasti akan kembali ke data saldo awal, hanya butuh waktu untuk me-run sistemnya lagi," tuturnya.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas menjelaskan bahwa pemeliharaan sistem yang dilakukan beberapa waktu lalu tidak berjalan secara sempura.

"Ada sekitar 10 persen data nasabah yang mengalami replikasi tak sempurna," tuturnya.

Saat ini Bank mandiri tengah membenahi error tersebut. "Saat ini kami berupaya segera memulihkan sistem," pungkasnya.

Rohan menjamin saldo nasabah sebelum terjadi error replikasi akibat maintanence masih aman dan tercatat dengan baik.

"Kami menjamin dalam beberapa jam kemudian data akan kembali normal," kata Rohan, menegaskan.

Dari 10 persen data nasabah yang error tadi, masih menurut Rohan, belum ketahuan nilainya.

Bank Mandiri mempersilahkan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri.

Rohan juga meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan.

"Saya kembali sampaikan permohonan maaf. Banyak berbelanja. Debet atau ATM, dengan ketidaknyamanan ini. Ini rata terjadi di seluruh nasabah. Jadi kami mohon maaf seluruh nasabah," tutupnya.

Bergema di Twitter

Berubahnya saldo di rekening nasabah Bank Mandiri terjadi pada Sabtu pagi ini. Mereka yang nominal saldonya berubah mengeluhkan lewat Twitter bahkan ada juga yang mencoba menghubungi call center namun tak juga mendapatkan jawaban.

Melalui akun media sosial masing-masing, mereka mengaku mendapati saldo tabungannya bermasalah. Ada yang bertambah banyak dari seharusnya, ada juga yang berkurang hingga menjadi nol.

Aulia, nasabah Bank Mandiri juga mengaku saldo tabungan bertambah hingga Rp200 ribu. Padahal sehari sebelumnya, Aulia mengatakan ia baru menarik tunai uang sebesar nominal yang sama.

"Pas cek nominal saldo di aplikasi Mandiri mobile kok beda sama yang dicetak kemarin. Seakan-akan engga ambil uang," ucapnya.

Selain nasabah pemilik rekening tabungan, pengguna lainnya mengeluhkan jika kartu e-money dari Bank Mandiri bermasalah. Pemilik akun @runidrspog mengatakan ia tak bisa mengisi ulang saldo e-money miliknya.