Find Us On Social Media :

Tips Kirimkan Foto di WhatsApp Tanpa Turunkan Resolusi Gambar

By Adam Rizal, Jumat, 26 Juli 2019 | 13:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Ketika menerima foto yang dikirim via WhatsApp, tak jarang foto tersebut terlihat blur karena kualitasnya turun.

Hal itu disebabkan karena WhatsApp mengompresi file foto yang dikirim, sehingga ukurannya lebih kecil dan mudah ditransfer.

Namun, ada cara untuk membuat foto yang dikirim lewat WhastApp tetap pada resolusi tinggi, sehingga foto tidak akan blur.

Cara menjaga file foto yang dikirim lewat WhatsApp tetap dalam resolusi tinggi adalah dengan memanfaatkan fitur berkirim dokumen.

Jenis file ini sedikit memakan waktu, apalagi jika ukuran file cukup besar. Cara ini bisa dilakukan baik di ponsel platform Android maupun iOS.

Di kedua platform ini caranya hampir mirip, hanya saja untuk iPhone/iPad, caranya agak sedikit lebih rumit.

Di ponsel Android, cara mengirim foto via WhatsApp tanpa menurunkan resolusi, atau berupa dokumen bisa dilakukan dengan cara lebih mudah.

Sebagaimana mengirim foto biasa, klik menu lampiran berupa ikon penjepit kertas di bagian bawah, atau sebelah ikon kamera.

Kemudian, pilih opsi dokumen. Lanjutkan dengan klik "browse other documents" (cari dokumen lain). Pilih foto mana yang akan dipilih, jika hanya memilih satu, klik opsi "send" (kirim) yang muncul secara pop-up.

Baca Juga: Dijual Tiga Jutaan, Ini Tiga Fitur Unggulan Samsung Galaxy M30

Jika ingin mengirim lebih dari satu foto, tahan satu foto hingga muncul tanda centang biru, lalu pilih beberapa foto lain yang yang dikehendaki. Kemudian pilih opsi "open" yang ada di kanan atas, dan pilih opsi "send".

Foto yang terkirim akan berupa file dokumen dengan format JPG. Bedanya dengan pengiriman foto biasa, thumbnail foto tidak akan terlihat. Sehingga, penerima harus membuka file tersebut lebih dulu untuk mengetahui isi foto.