Find Us On Social Media :

Begini Teknologi Blockchain Blokir Berita Hoax di New York Times

By Adam Rizal, Senin, 29 Juli 2019 | 16:30 WIB

Begini Teknologi Blockchain Blokir Berita Hoax di Media New York Times

Media ternama di Amerika Serikat, The New York Times melakukan terobosan mengagumkan. The New York Times menggunakan teknologi Blockchain untuk menghalau berita-berita hoax.

Di website barunya News Provenance Project, The New York Times menggunakan teknologi Blockchain non-public Hyperledger Fabric.

Proyek ini pertama kali diketahui oleh Coindesk saat The New York Times menggunggah lowongan pekerjaan dengan judul “Lead Blockchain Exploration”.

Unggahan lowongan tersebut kemudian dihapus dalam waktu singkat, namun kabar telah berhembus seperti dikutip TheNextWeb.

Kini, diungkap melalui News Provenance Project, tim R&D The New York Times bekerja sama dengan IBM Garage menggunakan Hyperledger Fabric untuk mengidentifikasi foto yang asli.

Teknologi itu digunakan untuk mendeteksi kesalahan informasi dan berita hoax yang dewasa ini menjadi momok bagi media manapun.

The New York Times bekerja sama dengan rekanan akan melakukan metode proof-of-concept sejak Juli sampai akhir 2019 untuk menemunkan cara yang tepat untuk mengidentifikasi file digital yang asli.

Proyek ini akan menyimpan ‘metadata kontekstual’ setiap berita pada blockchain, termasuk kapan dan di mana sebuah video atau foto diambil beserta semua informasi yang melekat.

Ide tersebut berangkat dari sebuah data dari berbagai platform yang dapat diakses dan terlihat oleh siapa saja. Sebagai informasi, Hyperledger Fabric berbeda dengan proyek blockchain kebanyakan.

Menggunakan ‘permission blockchain’, tidak sembarang orang memiliki akses untuk menulis data pada rantai blockchain tersebut.

Sedangkan, pada proyek blockchain publik seperti TRON, Tokenomy, ataupun Ethereum, semua pengguna memiliki hak yang sama untuk menulis data dan mengutak-atik data tersebut.

Meski terlihat terututp Hyperledger Fabric tetap dapat membiarkan publik mengetahui setiap perubahan yang terjadi.