Find Us On Social Media :

Begini Cara F5 Networks Amankan Data Super Apps di Indonesia

By Adam Rizal, Kamis, 8 Agustus 2019 | 15:30 WIB

Country Manager F5 Networks Indonesia Fetra Syahbana.

Pertumbuhan aplikasi super atau super apps sangat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, didorong hadirnya startup-startup unicorn yang menjawab segala kebutuhan masyarakat.

Belum lagi, tingkat adopsi ponsel pintar yang tinggi di Indonesia dan peningkatan kualitas dan performa jaringan internet di Indonesia.

Tingginya jumlah pengguna, maka ruang untuk monetisasi aplikasi pun semakin terbuka.

Para pengguna pun membutuhkan sebuah perlindungan keamanan supaya pengguna terhindar dari hacker yang ingin mengambil data privasi pengguna.

Studi F5 Network yang bertajuk The Curve of Convenience - The Trade-Off between Security and Convenience mengungkapkan, bahwa menggunakan aplikasi yang aman adalah hal terpenting bagi pelanggan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Hasilnya, Lebih dari setengah pelanggan di kawasan itu memprioritaskan fitur keamanan ketimbang fungsi dan kenyamanan sebuah aplikasi.

Fetra Syahbana (Country Manager Indonesia F5 Networks) mengatakan F5 Networks berperan sebagai layanan platform aplikasi yang menjembatani pengguna dengan aplikasi. Hal itu membuat F5 Networks bisa mengetahui siapa yang mengakses layanan dan alamat IP.

"Kami lebih bisa menjamin keamanan aplikasi karena kami berada di tengah-tengah. Kami bisa mengetahui serangan siber, tipe serangan dan siapa yang menyerang aplikasi. Jadi sebelum serangan menyentuh aplikasi, kami sudah bisa mengatasinya terlebih dahulu," ujarnya di Jakarta.

Keunggulan F5 Networks mampu mengamati apakah ada robot dalam lalu lintas antara user dan aplikasi, serta mencegahnya masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Selain keamanan, F5 Networks juga memiliki keunggulan lainnya yaitu availability sehingga bisa dipakai kapan saja dan dimana saja serta kecepatan.

"Pengguna juga bisa mengamankan data dengan cara lebih bijak dalam memakai aplikasi, agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan," katanya.

Potensi Super Apps